Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

TP PKK Jember Akselerasi Upaya Turunkan AKI, AKB & Stunting di Desa Rowotengah, Sumberbaru 

Cakrawala Daerah
08 Jun 2021
TP PKK Jember Akselerasi Upaya Turunkan AKI, AKB & Stunting di Desa Rowotengah, Sumberbaru 

hariansuara.com, Jember - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jember gigih berupaya turunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting (kerdil). 

Ketua TP PKK Jember, Dra Hj Kasih Fajarini, didampingi Wakil Ketua Hj Ervita Afdilah Sari dan para pengurus menyambangi masyarakat Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru Senin (07/06/2021). Mereka ditemui di Balai Desa oleh Plt Camat setempat dan sejumlah tamu undangan.

Tak lama rombongan segera menemui para ibu yang sedang menimbang bayi mereka di Posyandu Anggrek 73. Ketua TP PKK memberikan pengarahan tentang pentingnya menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan bergizi, rutin kontrol sehingga kesehatan anak akan terpantau. AKI dan AKB, serta stunting pun dapat dicegah.

"Ibu-ibu hamil harus makan makanan yang bergizi, sehingga bayi yang dilahirkan tidak kekurangan gizi," ungkap Hj Kasih Fajarini, kemudian membagikan susu formula untuk ibu hamil dan susu UHT bagi balita serta anak-anak. 

Posyandu, Pos Pelayanan Terpadu, dibuat pemerintah untuk akses yang mudah bagi ibu hamil, menyusui dan yang memiliki anak batita (bawah tiga tahun). Di sana kebutuhan kesehatan bagi ibu dan bayinya bisa terpenuhi. Kontrol kandungan, imunisasi sampai mendapatkan vitamin. 

Dari masa kehamilan hingga anak lahir, Posyandu dapat memberikan pengawalan kesehatan yang prima bagi ibu dan anak sekaligus. Ibu dapat belajar, konsultasi dan terlebih lagi, di sana ada buku catatan riwayat kesehatan si ibu dan anak. Kalaupun ada gejala kesehatan yang kurang baik, Posyandu bisa lebih dini menengarai dan melakukan tindakan solutif.

Ketua TP PKK dan rombongan juga menyempatkan hadir di pusat pembuatan pia ‘Dua Putra’ dan keripik ‘Fauzi’. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini berada di Desa Rowotengah. Di sana, melakukan kunjungan untuk menyerap aspirasi pelaku UMKM, sekaligus melihat proses produksi. (*) Melia Hapsarani/Siti Muhanah       Foto: Pemkab TP PKK Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X