Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Di Kencong, TP PKK Semangati UMKM dan Gugah Posyandu dan Puskesmas Stop AKI, AKB dan Stunting

Cakrawala Daerah
09 Jun 2021
Di Kencong, TP PKK Semangati UMKM dan Gugah Posyandu dan Puskesmas Stop AKI, AKB dan Stunting

hariansuara.com, Jember - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sejatinya bermitra, bergandeng tangan, dengan Pemerintah Kabupaten dalam melayani masyarakat. Pun, demikian di Kabupaten Jember.

Ketika Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil BupatiMB Firjaun Barlaman Ngantor di Desa, Ketua TP PKK, Dra Hj Kasih Fajarini, dan Wakil Ketua, Hj Ervita Afdilah Sari, dan tim pengurus juga memeninjau langsung kegiatan di Posyandu Teratai 23 di Desa Wonorejo, Kencong. 

Hadir mendampingi Ketua TP PKK dan rombongan, Kepala Puskesmas Kencong, Kepala Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Kepala Desa dan Ketua PKK Desa setempat. 

Kegiatan langsung meninjau kondisi ibu dan anak di Posyandu Teratai 23, lalu lanjut ke Puskesmas Kencong untuk menyaksikan kondisi dan proses vaksinasi COVID-19 yang tengah berlangsung. 

Ketua TP PKK Kasih Fajarini menyampaikan beberapa poin penting. Di Kencong, Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Balita (AKB) dan stunting adalah yang tertinggi di Kabupaten Jember. Jumlah kasus ini harus ditekan. AKI, AKB dan Stunting wajib ditangani bersama-bersama.

Posyandu dan Puskesmas, ujar Ketua TP PKK, berperan sangat penting menjadi salah satu hal yang penting dalam menanggulangi ketiga ‘Pekerjaan Rumah’ Kabupaten Jember. 

"Kepada dokter atau bidan, kader Posyandu semuanya, mohon untuk lebih sabar menghadapi masyarakat dan melayani masyarakat sebaik mungkin. Juga terus semangat memberi wawasan, perhatian dan pengertian kepada masyarakat untuk memberi yang terbaik bagi keluarga,” lanjutnya.

Kepada kader Posyandu, diharapkan, jangan sampai bertambah lagi bayi terlahir cacat. Untuk itu, dengan seksama terus memantau riwayat kesehatan warga yang ke Posyandu yang menjalani kehamilan, kelak bersalinan, menyusui dan merawat bayi. Asupan gizi yang cukup akan membuat ibu dan bayi terlahir sehat. Juga asupan gizi anak di 100 hari kelahiran pertama (HKP) sangat penting dijaga agar tidak terjadi stunting.

Usai di Posyandu dan Kecamatan, agenda rombongan TP PKK berlanjut mengunjungi beberapa UMKM yang ada di masyarakat setempat. Ada sejumlah UMKM di Desa Wonorejo, Kencong, juga terdapat Asosiasi UMKM Jatim. (*) AQ Aini/Bisri          Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X