Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Hikmah Kepedulian di Balik Gempa Bumi Cianjur

Cakrawala Daerah
08 Dec 2022
Hikmah Kepedulian di Balik Gempa Bumi Cianjur

hariansuara.com - Selalu ada hikmah di balik peristiwa. Bahwasanya, kuasa Ilahi yang melatari segala sesuatu, termasuk takdir. Pun, tatkala Cianjur yang tenang dalam sesaat berubah jadi penuh duka cita dan kepanikan tatkala gempa bumi bermagnitudo 5.6 SR menghentak pada Senin (21/11/2022) siang.

"Saya seperti bermimpi, Bu. Selama ini saya selalu hadir sebagai relawan ketika terjadi bencana. Tapi sekarang? Saya sendiri mengalami bencana itu. Allah Akbar. Betapa kuasa Allah itu ada dan sungguh nyata. Pelajaran yang sangat mahal," ujar Kang Tedi, sapaannya, kepada hariansuara di lokasi Posko SPBU 3443207 Pertamina Retail Ciherang-Cianjur di malam pertama terjadinya gempa. 

Anggota ormas Pemuda Pancasila yang juga Ketua Karang Taruna setempat itu tak lama termangu. Dengan sigap ia mengurusi kepentingan sekitar 600 warga pengungsian. Ia sangat bersyukur pemilik SPBU tersebut mengizinkan tempatnya digunakan sebagai posko pengungsian. Pasalnya, 95% hunian warga Desa Tunggilis Wetan RT02/RW02, Ciputri, Pacet, Cianjur, Jawa Barat itu rusak, bahkan ada yang hancur. 

"Alhamdulillah, saat diuji seperti ini ada saja pertolongan dari Allah. Bantuan dari pemerintah dan saudara-saudara sebangsa. Ini sangat berarti, betul-betul menghibur dan  amat meringankan. Terlebih kepedulian pemilik SPBU ini. Kami panik rumah hancur, bale-bale di sini boleh digunakan untuk tidur. Terutama bagi ibu-ibu, lansia dan balita. Juga diizinkan memakai kamar mandi, mushola sekaligus listriknya."

Pendek kata, duka Cianjur menjadi duka bagi Indonesia. Inilah kiranya juga hikmah di balik peristiwa bencana gempa bumi ini. Saling peduli, saling meringankan beban sesama. 

Seperti pada Selasa (6/12/2022). Hari masih pagi, sebuah mobil masuk dan parkir di pelataran SPBU. Beberapa ibu turun, lalu menemui Kang Tedi. Ibu Juli Tjandra ketua tim itu disapa, menyampaikan bantuan dari para Donatur Peduli Cianjur dari IDN GLOBAL, IDN PHILIPPINES, TOLERE FHUI '82 dan Kelompok Ibu Bintaro Alayyum. 

Yang sangat menarik, para ibu tersebut dengan gesit mengeluarkan bantuan logistik berupa panganan, snack, beras, mie hingga telur ayam dan susu. Sandang untuk pria dan wanita juga ada. Peralatan sholat, mukena dan sarung, kerudung, selimut dan seprai, sampai pampers bayi dibawakan.

Warga perempuan gembira sekali ketika tahu ada sumbangan berupa pakaian dalam. Ini kebutuhan yang tampak sederhana, kerap terlupakan, tetapi amatlah dibutuhkan. Kang Tedi dan tim pengurus pengungsian juga bersyukur sekali mendapat sepatu boot.

Katanya, "Sepatu boot berguna sekali untuk melindungi kaki-kaki dari terkena duri atau pecahan kaca reruntuhan. Juga biar tidak terpeleset, karena jalan di posko berupa tanah merah yang licin jika tersiram hujan."

Juli Tjandra tampak haru melihat warga pengungsian, terutama menyaksikan anak-anak yang senang sekali mendapat camilan.

"Kegiatan kami yang sederhana pagi ini semoga bisa sedikit menghibur warga. Semoga mendapat ridho dari-NYA. Kami doakan semoga Cianjur lekas recovery ya. Anak-anak di sini juga sehat, kuat dan menjadi insan yang tangguh, sekaligus sabar," ujarnya, mengutip pesan dari Lusie Susantono, Sekretaris Jenderal IDN Global. 

Dengan bergandeng tangan, hidup di dunia yang penuh ujian ini menjadi terasa ringan. Semoga Sang Khalik senantiasa memudahkan dan meringankan ikhtiar semua pihak, hingga terbangun kembali peradaban kemanusiaan di tanah Cianjur. (*) Sulanjana/MTS            Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X