Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Tangkap Tangan Petinggi UNJ Terkait Kasus THR ke Pejabat Kemendikbud

Hukum
22 May 2020
Tangkap Tangan Petinggi UNJ Terkait Kasus THR ke Pejabat Kemendikbud

hariansuara.com, Jakarta - Jelang hari raya Idul Fitri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan gebrakan yaitu operasi tangkap tangan atau OTT. Kali ini, yang diamankan adalah salah seorang petinggi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dari informasi yang dihimpun Jumat, 22 Mei 2020, pejabat tersebut adalah Kepala Bagian Kepegawaian UNJ berinisial DAN. Kasus ini diduga menyangkut pemberian uang THR kepada pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan untuk tindaklanjut kasus ini pihaknya KPK akan melakukan supervisi dengan Polri.

"Mengingat kewenangan, tugas pokok dan fungsi KPK, maka KPK melalui unit Koordinasi dan Supervisi Penindakan menyerahkan kasus kepada kepolisian untuk ditindaklanjuti," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto kepada wartawan, Jumat, 22 Mei 2020.

Perkara ini diduga ada peran Rektor UNJ Komarudin dengan meminta dekan-dekan fakultas serta kepala lembaga di UNJ mengumpulkan uang THR. Nah, THR ini disebut diproyeksikan untuk pejabat Sumber Daya Ditjen Dikti dan sejumlah staf SDM di Kemendikbud.

Masing-masing dekan dan kepala lembaga diminta mengumpulkan uang Rp5 juta melalui DAN.

KPK melakukan rangkaian OTT ini pada Rabu, 20 Mei 2020. OTT diawali informasi dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud kepada KPK.

Tim penyidik KPK pun bergerak merespons dengan melakukan OTT. Pun, barang bukti yang diamankan sebesar US$1.200 dan Rp27.500.000.

Pun, KPK juga sudah memeriksa beberapa pejabat UNJ dan Kemendikbud. Salah satunya Rektor UNJ Komarudin. Lalu, ada Analis Kepegawaian Biro SDM Kemendikbud Tatik Supartiah dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ Sofia Hartati. Kemudian, ada Kepala Biro SDM Kemendikbud Diah Ismayanti. (*) zai/ras

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X