Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi Diminta Berani Cabut Status Kewarganegaraan Djoko Tjandra

Hukum
23 Jul 2020
Jokowi Diminta Berani Cabut Status Kewarganegaraan Djoko Tjandra

hariansuara.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mendapat surat khusus menyangkut permintaan pencabutan status kewarganegaraan buronan kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra. Alasannya, buronan berusia 68 tahun itu punya paspor Papua Nugini.

Surat ke Jokowi itu dikirim dari Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Ia menyebut Djoko punya paspor Papua Nugini atas nama Joe Chan yang akan berakhir tahun 2023.

"Hari ini, MAKI sudah kirim surat kepada Presiden Jokowi dengan meminta agar mencabut status Warga Negara Indonesia (WNI) atas Joko Soegiarto Tjandra," kata Boyamin dalam keterangannya, Kamis, 23 Juli 2020.

Boyamin menyampaikan, pentingnya pencabutan status kewarganegaraan terhadap Djoko. Sebab, cara ini demi untuk membekukan aset dan saham kepemilikan Djoko.

Kata dia, pencetakan proses e-KTP Djoko Tjandra di Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, jadi acuannya. Buronan kelas kakap itu dinilai masih dimanjakan oleh aparat dan pemerintah Indonesia.

Dengan pencabutan status warga negara maka setidaknya ada langkah berani pemerintah.

"Pemerintah kita harus berani melakukan sandera bekukan aset Joko Tjandra untuk memaksanya pulang dan bersedia menjalani hukuman penjara 2 tahun," ujarnya.

Boyamin juga siap mengancam Jokowi jika permintaan MAKI tak diwujudkan. Dalam surat bernomor: 078/MAKI/VII/2020, Boyamin akan menggugat Jokowi ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) jika tak menanggapi permintaan MAKI.

"Jika kewarganegaraan atas nama Sdr. Joko Soegiarto Tjandra tersebut tidak dicabut sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku, kami akan melakukan upaya hukum gugatan pada Pengadilan Tata Usaha Negara," jelasnya. (*) zai/zai

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X