Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Buronan Djoko Tjandra Dicokok, Begini Rekam Jejak Kasusnya

Hukum
31 Jul 2020
Buronan Djoko Tjandra Dicokok, Begini Rekam Jejak Kasusnya

hariansuara.com, Jakarta - Cerita 11 tahun pelarian buronan kasus pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali Djoko Tjandra terhenti. Pria 68 tahun itu berhasil dicokok Polri pada Kamis malam, 30 Juli 2020.

Kelicinan pria asal Kalimantan Barat itu menyeret sejumlah perwira tinggi atau pati Polri. Tercatat dua jenderal bintang satu dan satu jenderal bintang dua ditindak karena membantu Djoko berkeliaran.

Menilik rekam kasusnya, pada Februari 2020, Djoko Tjandra adalah salah satu nama yang terlibat dalam kasus cessie Bank Bali. Pengusaha properti itu dijerat dakwaan berlapis oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang saat itu dipimpin Ridwan Moekiat. 

Djoko didakwa melakukan tindak pidana korupsi terkait pencairan tagihan Bank Bali melalui cessie yang diketahui bikin negara rugi Rp940 miliar. 

Saat itu, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan untuk tak menerima dakwaan jaksa. Beberapa tahun kemudian, ada vonis setelah jaksa mengajukan upaya Peninjauan Kembali atau PK terhadap putusan kasasi Mahkamah Agung (MA).

Pun, kemudian pada 12 Juni 2009 MA menutuskan vonis terhadap Djoko dan mantan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin. Keduanya dijatuhi pidana penjara selama dua tahun. 

Namun, belum juga dieksekusi Djoko sudah kabur ke Papua Nugini pada Juni 2009. Ia mengetauhui putusan PK akan menjatuhkan vonis pidana terhadapnya.

Lama jadi buronan, Djoko dikabarkan pada Juli 2012 sudah berpindah kewarganegaraan menjadi warga Papua Nugini. Namun, ada kabar juga kewargenagaraannya tak sah mengingay kasus pidana yang menjeratnya. 

Sosok dia kembali bikin geger setelah dilaporkan keluar masuk Indonesia sepanjang Juni 2020. Mulai mengurus PK di pengadilan, membuat surat bebas Covid-19 sampai mengurus e-KTP.

Djoko berhasil ditangkap tim Bareskrim Polri di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 30 Juli 2020. Tak ada perlawanan dari Djoko. Diketahui, penangkapan Djoko lantaran ada peran antara Polri dengan Polis Diraja Malaysia. (*) lia/lia               FOTO: IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X