Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Kasus Djoko Tjandra, Hakim Tolak Eksepsi Irjen Napoleon

Hukum
23 Nov 2020
Kasus Djoko Tjandra, Hakim Tolak Eksepsi Irjen Napoleon

hariansuara.com, Jakarta - Majelis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menolak nota keberatan (eksepsi) terdakwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte. Hakim pun memerintahkan perkara penghapusan nama Djoko Tjandra dari daftar pencarian orang (DPO) yang melibatkan Napoleon dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

"Menyatakan eksepsi penasihat hukum terdakwa Napoleon Bonaparte tidak dapat diterima," kata Hakim Ketua Muhammad Damis saat membacakan amar putusan sela dari persidangan yang digelar secara virtual, Senin, 23 November 2020.

Hakim memiliki beberapa pertimbangan yang salah satunya dakwaan jaksa sudah sesuai dengan aturan. Maka itu, hakim juga memerintahkan jaksa agar melanjutkan pemeriksaan perkara tersebut.

Adapun pengacara Napoleon menyampaikan sudah menerima putusan sela, Pihaknya meminta agar sidang segera dilanjutkan ke pemeriksaan pokok perkara.

"Sebaiknya dilanjutkan dengan pokok perkara pemeriksaannya. Kami siap," kata, Santrawan T Pangarang. 

Merespons itu, jaksa meminta waktu 7 hari agar bisa dapat menghadirkan sejumlah saksi.

Terkait perkara ini, Napoleon didakwa menerima suap sebesar 200 ribu dolar Singapura dan 270 ribu dolar AS atau atau sekitar Rp6 miliar dari terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra. Dalam keterangan di pengadilan, Napoleon disebut menerima uang tersebut melalui pengusaha Tommy Sumardi.

Tujuan suap itu agar Napoleon menghapus nama Djoko Tjandra dari Daftar Pencarian Orang (DPO) yang tercatat di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.(*) ras/zai        FOTO: Irjen Napoleon/dok. detik.com

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X