Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Israel dan Turki Perang Kata-kata Atas Kekerasan di Gaza

Internasional
03 Apr 2018
Israel dan Turki Perang Kata-kata Atas Kekerasan di Gaza

hariansuara.com, Yerulasem - Perang kata-kata antara Israel dan Turki mengenai kekerasan di Gaza berlanjut pada hari Senin.

Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan mengatakan kepada Radio Angkatan Darat bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan adalah "anti-Semit" setelah Erdogan mengecam Israel karena menembak mati 17 warga Palestina selama protes massal di Gaza pada hari Jumat.

Erdogan mengatakan perjanjian rekonsiliasi 2016 antara Israel dan Turki mungkin merupakan kesalahan. Kesepakatan itu menormalkan hubungan antara negara-negara enam tahun setelah hubungan diplomatik di antara mereka diputus.

"Menoleh ke belakang, mungkin kesepakatan itu seharusnya tidak disetujui," kata Erdogan.

Pada hari Minggu, Erdogan menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai "seorang teroris" dan mengatakan respon Israel terhadap protes hari Jumat adalah "serangan tidak manusiawi."

"Hei Netanyahu! Anda adalah penjajah. Dan itu adalah sebagai penjajah yang berada di tanah itu," kata Erdogan dalam pidato televisi di Adana di Turki selatan.

Netanyahu membalas dalam tweet-nya bahwa "tentara paling bermoral di dunia tidak akan diberi kuliah tentang moralitas dari seseorang yang selama bertahun-tahun telah membom penduduk sipil tanpa pandang bulu."

Pertikaian yang meningkat itu terjadi di tengah meningkatnya kecaman internasional atas penembakan pada hari Jumat. Hari itu sekitar 30.000 pemrotes dari daerah kantong Palestina  berbaris menuju ke pagar keamanan yang memisahkan antara Jalur Gaza dan Israel.

Tentara Israel menanggapi dengan peluru tajam dan peluru karet. Kekerasan itu merenggut nyawa 17 orang Palestina dan melukai lebih dari 1.200 orang. Unjuk rasa Jumat adalah awal dari protes selama enam minggu yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 15 Mei.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X