Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Putri Mantan Presiden Peru Ditangkap Karena Terlibat Pencucian Uang

Internasional
11 Oct 2018
Putri Mantan Presiden Peru Ditangkap Karena Terlibat Pencucian Uang

hariansuara.com, Lima - Keiko Fujimori, ketua partai oposisi Peru Populer Force, ditangkap atas tuduhan pencucian uang dan menerima pembiayaan ilegal dalam kampanye.

"Pihak berwenang memerintahkan Fujimori, putri mantan presiden Alberto Fujimori, untuk ditahan selama 10 hari," kata pengacara, Giuliana Loza.

Fujimori telah dipanggil ke kantor kejaksaan untuk memberikan pernyataan tentang kontribusi partainya dalam kampanye kepresidenan 2011.

Tuduhan yang dirilis Rabu mengatakan Fujimori menciptakan organisasi kriminal di dalam partai politik (Pasukan Rakyat) yang bertujuan untuk mendapatkan kekuatan politik dan sebagai konsekuensinya telah mengganggu urusan legislatif dan peradilan.

Raksasa konstruksi Brasil, Odebrecht, diduga berkontribusi pada kampanye Fujimori. Eksekutif perusahaan sebelumnya telah mengakui menjalankan skema suap multinasional untuk memenangkan kontrak pekerjaan publik pemerintah yang menguntungkan.

Hakim Richard Concepcion yang memerintahkan penangkapan Fujimori mengatakan, untuk menutupi sumbangan kampanye terlarang yang berjumlah hampir 650.000 dolar AS, partai Fujimori menciptakan 114 orang sebagai kontributor.

Pengacara Fujimori, Giuliana Loza, menyebut penangkapan itu "kasar" dan sewenang-wenang dan mengatakan tidak ada unsur-unsur yang meyakinkan dan juga tidak ada bukti terhadap klien.

"Kami tidak mengerti bagaimana mereka bisa memerintahkan penangkapan ini," kata Loza.

Mantan menteri Jaime Yoshiyama dan Augusto Bedoya Camare berada di antara 19 orang lainnya yang terkait dengan skema pencucian uang dan diperintahkan untuk ditahan selama 10 hari.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X