Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

200 Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak

Internasional
06 Nov 2018
200 Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak

hariansuara.com, Baghdad - Lebih dari 200 kuburan massal yang berisi antara 6.000 - 12.000 mayat ditemukan di Irak.

202 makam yang diverifikasi ini berada di Irak utara dan merupakan "warisan teror ISIS, menurut laporan gabungan misi PBB untuk Irak dan kantor PBB untuk hak asasi manusia.

Dalam twitternya, UN Human Rights menuliskan,"Laporan @UN baru menyoroti warisan kampanye teror dan pelanggaran #NSIL yang tak henti-hentinya dan seruan para korban untuk kebenaran dan keadilan. Setidaknya 200 kuburan massal ditemukan di #Iraq."

"Temuan dari kuburan ini dapat digunakan sebagai bukti kejahatan kelompok ISIS," kata mereka dikutip AP, Selasa, (6/11).

Kuburan massal ada antara tahun 2014 hingga 2017 ketika kelompok militan ISIS memerintah beberapa kota dan kota terbesar Irak.

Ketika militan ISIS menyapu Irak dan Suriah, mereka membunuh anggota pasukan keamanan yang tertangkap, mengusir atau membunuh minoritas, dan memperbudak perempuan dari sekte Yazidi. 

Beberapa kuburan yang ditemukan di provinsi Salahuddin Irak terdapat  korban pembantaian Camp Speicher 2014, ketika militan ISIS menewaskan sekitar 1.700 pasukan keamanan Irak.

Dalam beberapa kasus, para militan ISIS menjatuhkan korban-korban mereka di sumur atau lubang pembuangan bukannya menggali kuburan. Para peneliti PBB mengatakan mungkin ada ribuan mayat di lubang pembuangan Khasfa di selatan Mosul, kota terbesar yang pernah berada di bawah kendali ISIS.

Otoritas Irak telah menggali 1.258 korban dari 28 kuburan. PBB mendesak pihak berwenang untuk mengidentifikasi semua korban dan mencari keadilan bagi keluarga.

Irak menyatakan kemenangan atas ISIS pada Desember tahun lalu, tetapi militan ISIS masih mengontrol kantong wilayah tepat di seberang perbatasan di Suriah, dan terus mengklaim bertanggung jawab atas penculikan dan ledakan bom di Irak.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X