Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Pianis Inggris Bermain Piano Untuk Gajah Tua Yang Terluka

Internasional
08 Nov 2018
Pianis Inggris Bermain Piano Untuk Gajah Tua Yang Terluka

hariansuara.com, Thailand - Seorang pianis Inggris yang tinggal di Thailand  membawa ketrampilannya ke tingkat yang baru.

Di suatu tempat, jauh di dalam hutan, Paul Barton yang berusia 57 tahun membawa pianonya ke tepi Sungai Kwai dan bermain musik bagi gajah-gajah tua yang terluka dan cacat.

“Saya bertanya-tanya apakah gajah-gajah tua ini mungkin ingin mendengarkan musik klasik,  ternyata mereka mendengarkan,” kata Barton dilansir laman News.com.au, Kamis, (8/11).

Dibantu sekelompok temannya, Barton membawa piano ke dalam cagar alam Elephantsworld Kanchanaburi.

Tanpa tali dan bebas berkeliaran dan merumput sesuka hati, gajah mengelilingi Barton dan pianonya terpesona karya Beethoven, Mozart, Bach dan Debussy.

Barton mengunggah video dari konser hutannya ke saluran YouTube, yang menunjukkan gajah kecil mengikuti musik dan gajah yang lebih tua  mengepakkan telinga dan bergoyang saat dia bermain.

"Gajah menghafal aroma dan akan menganggap Anda sebagai teman saat Anda bersama lagi," katanya yang sudah akrab dengan gajah dari tahun 2011. “Ketika saya memainkan musik untuk gajah, saya selalu merasa tenang dan bahagia.”

Barton mengatakan pertama kalinya bermain piano di hutan untuk gajah buta bernama Pla-Ra. Saat mendengarkan pianonya, gajah itu berhenti makan dan berdiri mendengarkan musik.

Pla-Ra datang ke tempat ini setelah gadingnya dijual. "Infeksi yang buruk terjadi dan dia sering kesakitan karena gadingnya telah tiada," kata Barton. "Saya suka berpikir bahwa musik yang menenangkan memberinya sedikit kenyamanan dalam kegelapan."

Sayangnya, Pla-Ra tidak selamat dari infeksi. "Saya menjadi sangat dekat dengan Pla-Ra dan saya hancur ketika dia meninggal," katanya.

Barton memilih lagu-lagu tertentu yang menurutnya gajah akan suka.  "Gajah adalah hewan yang emosional, seperti kita dan saya hanya mengikuti naluri saya untuk memainkan musik bagi mereka," katanya.

"Yang bisa saya lakukan adalah berharap apa kami lakukan dapat membuat kehidupan gajah yang diselamatkan ini sedikit lebih baik."(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X