Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Tentara AS Dihukum 25 Tahun Penjara Karena Terlibat ISIS

Internasional
05 Dec 2018
Tentara AS Dihukum 25 Tahun Penjara Karena Terlibat ISIS

hariansuara.com, Jakarta - Seorang tentara AS dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena mencoba memberikan dukungan kepada ISIS.

Tentara yang bernama Ikaika Erik Kang ini juga akan berada di bawah pengawasan setelah dia menyelesaikan masa hukumannya.

"Kang bersumpah untuk membela Amerika Serikat sebagai anggota militer AS tetapi mengkhianati negaranya dengan bersumpah setia kepada ISIS dan berusaha memberikan dukungan material," kata John Demers, asisten jaksa agung untuk keamanan nasional, dalam sebuah pernyataan.

Menurut pihak berwenang, Kang yang merupakan sersan di Angkatan Darat AS, tertarik dengan ISIS awal tahun 2016 dan secara teratur menonton video propaganda online ISIS sambil menyatakan keinginan untuk menjadi anggotanya.

Jaksa mengatakan Kang berencana melakukan tindakan kekerasan termasuk meluncurkan serangan pada pertemuan seperti Parade Natal Honolulu dan merencanakan pemboman bunuh diri di barak militernya.

Kang dapat ditangkap awalnya pada bulan Juni dan Juli tahun lalu, dia bertemu dengan agen-agen FBI yang menyamar sebagai orang yang memiliki koneksi ke ISIS dan memberi agen yang menyamar itu materi sensitif. Dia juga memasok agen dengan drone udara kecil dan pakaian serta perlengkapan militer.

Pada kesempatan lain, Kang juga memperlihatkan dua agen FBI yang menyamar itu sesi pelatihan tempur selama dua jam untuk mengasah kemampuan bertarung dan keterampilan menembak.

Kang pun kemudian ditangkap setelah ia bersumpah setia kepada ISIS. "Ini adalah kasus pertama di Hawaii di mana seseorang dihukum karena memberikan dukungan  terhadap terorisme," kata Sean Kaul, agen khusus yang bertanggung jawab di kantor FBI di Honolulu. 

Menurut media setempat, Kang dibesarkan di rumah tangga yang berantakan dan ayahnya menderita masalah kesehatan mental. Dua mantan anggota militer AS juga bersaksi Kang memiliki masalah kesehatan mental dan dapat dengan mudah dipengaruhi.(*)

(Foto: Ilustrasi / Forbes)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X