Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Emisi Karbon Global Mencapai Rekor Tinggi

Internasional
06 Dec 2018
Emisi Karbon Global Mencapai Rekor Tinggi

hariansuara.com, Jakarta - Emisi karbon dioksida di seluruh dunia meningkat di titik tertinggi sepanjang tahun 2018. Menurut data dari Global Carbon Project (GCP), yang berbasis di Canberra,  emisi CO2 berada di jalur akan naik 2,7 persen menjadi 37,1 miliar ton pada 2018.

Hal ini menandai tahun kedua berturut-turut emisi karbon telah meningkat setelah tahun 2014 dan 2016.

Laporan tersebut mengidentifikasi peningkatan jumlah mobil di jalan dan peningkatan penggunaan batubara secara global sebagai faktor utama yang berkontribusi.

"Sangat mengecewakan melihat emisi CO2 bahan bakar fosil global akan kembali ke tingkat pertumbuhan yang kuat ," kata Pep Canadell, direktur eksekutif GCP. "Emisi CO2 global yang kuat pada 2018 juga sangat mungkin berlanjut hingga 2019 mengingat proyeksi ekonomi global yang relatif kuat untuk tahun itu."

Di Australia, emisi meningkat selama empat tahun berturut-turut, menguatkan data dari pemerintah Australia yang mengungkapkan emisi gas rumah kaca berada pada tingkat tertinggi sejak 2011.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dirilis pada bulan November memperingatkan Australia tidak berada di jalur untuk memenuhi target perjanjian iklim Paris mengurangi emisi karbon paling sedikit 26 persen.

"Sangat menarik melihat wilayah Oceania, yang termasuk Australia, berada di bagian paling atas dari semua wilayah di dunia, dalam hal emisi per kapita," kata Canadell.

Laporan itu menegaskan bahwa dunia berada di jalur menuju bencana pemanasan global, tetapi mengatakan tren emisi masih bisa dibalik pada tahun 2020.(*)

(Foto: Ilustrasi / Huffington Post)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X