Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Pasca Jatuhnya Ethiopian Airlines, Banyak Negara Eropa Grounded Boeing 737 Max 8

Internasional
13 Mar 2019
Pasca Jatuhnya Ethiopian Airlines, Banyak Negara Eropa Grounded Boeing 737 Max 8

hariansuara.com, Jakarta - Banyak negara di Eropa mengumumkan untuk men-grounded sementara  pesawat Boeing 737 Max 8 menyusul kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines pada hari Minggu.

Ethiopian Airlines Boeing 737 MAX 8 yang akan menuju Nairobi, Kenya, jatuh tak lama setelah lepas landas dari ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, dan  menewaskan semua penumpang yang berjumlah 157 orang.

British Civil Aviation Authority (CAA) mengumumkan untuk menangguhkan sementara Boeing 737 MAX dari operator mana pun yang datang dan berangkat di  wilayah udara Inggris.

Seorang juru bicara CAA mengatakan  telah mengambil tindakan pencegahan karena mereka saat ini tidak memiliki informasi yang cukup dari perekam data penerbangan. "Arahan keselamatan Otoritas Penerbangan Sipil akan diberlakukan sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata juru bicara itu.

Menurut CAA, saat ini ada lima 737 MAX yang terdaftar dan beroperasi di Inggris dan yang keenam direncanakan akan mulai beroperasi akhir pekan ini.

Menyusul langkah Inggris,  TUI Group yang merupakan perusahaan perjalanan dan pariwisata Inggris-Jerman juga telah menghentikan semua penerbangan dengan jenis pesawat, termasuk semua maskapai dalam grup itu.

Jerman melarang penerbangan dengan Boeing 737 MAX 8 di wilayah udaranya. Menteri Transportasi Jerman Andreas Scheuer mengatakan kepada penyiar n-tv, "Sampai semua keraguan diselesaikan, saya telah memerintahkan bahwa wilayah udara Jerman ditutup untuk semua pesawat Boeing 737 MAX."

Kementerian Transportasi Jerman mengatakan tidak ada pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Jerman.

Pemerintah Belanda, Belgia dan otoritas penerbangan sipil DGAC Perancis juga memerintahkan wilayah udaranya tertutup untuk pesawat Boeing 737 MAX 8, sementara menteri transportasi Austria mengumumkan langkah serupa hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara itu, Irish Aviation Authority (IAA) telah memutuskan untuk menghentikan sementara operasi semua varian pesawat Boeing 737 MAX masuk dan keluar dari wilayah udara Irlandia.

Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan adanya kecelakaan dua pesawat Boeing 737 MAX yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa bulan terakhir. 

Asosiasi Konsumen Codacons Italia juga mendesak Otoritas Penerbangan Sipil Italia (ENAC) untuk segera mendaratkan semua pesawat Boeing 737 Max 8 yang digunakan di Italia. "Langkah-langkah harus segera diambil untuk menjaga keselamatan transportasi udara," kata Presiden Codacons, Carlo Rienzi dalam sebuah pernyataan.

"Kami segera meminta ENAC untuk mendaratkan semua pesawat Boeing 737 Max yang hadir di bandara Italia," kata Rienzi.(*)

(Foto: Pesawat Ethiopian Airlines jatuh / ABS-CBN News)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X