Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Guru Dari Desa Terpencil Kenya Raih Guru Terbaik di Dunia

Internasional
25 Mar 2019
Guru Dari Desa Terpencil Kenya Raih Guru Terbaik di Dunia

hariansuara.com, Jakarta - Seorang guru Matematika dan Fisika dari sekolah menengah di desa terpencil di Lembah Rift Kenya memenangkan Varkey Foundation Global Teacher Prize 2019 senilai  1 juta dollar.

Peter Tabichi yang memberikan 80 persen dari pendapatan bulanannya kepada orang miskin menerima hadiah tersebut pada upacara di Dubai pada Sabtu (23 Maret).

"Setiap hari di Afrika kita membuka halaman baru dan bab baru ... Hadiah ini tidak untuk saya, saya disini karena apa yang telah dicapai siswa saya," kata Tabichi.

"Hadiah ini memberi mereka kesempatan. Para siswa memberi tahu dunia bahwa mereka dapat melakukan apa saja," tambahnya setelah mengalahkan sembilan finalis dari seluruh dunia.

Yayasan Varkey yang berbasis di Dubai memuji dedikasi, kerja keras, dan keyakinan penuh semangat Tabichi terhadap bakat murid-muridnya. Berkat Tabichi, sekolah di pedesaan terpencil Kenya muncul sebagai pemenang dalam kompetisi sains nasional.

Tabichi mengajar di Sekolah Menengah di desa Pwani, di bagian terpencil, Lembah Rift Kenya, tempat sering terjadi kekeringan dan kelaparan.

Sekitar 95 persen murid sekolah berasal dari keluarga miskin, hampir sepertiga adalah anak yatim atau hanya memiliki satu orangtua dan banyak yang pergi tanpa makanan di rumah. "Penyalahgunaan narkoba, kehamilan remaja, putus sekolah lebih awal, pernikahan muda dan bunuh diri adalah hal biasa."

Untuk sampai ke sekolah, beberapa siswa harus berjalan tujuh kilometer di sepanjang jalan yang tidak bisa dilewati saat musim hujan.

Sekolah dengan rasio murid-guru 58 banding hanya memiliki satu komputer desktop untuk murid dan internet yang buruk, tetapi meskipun demikian Tabichi menggunakan TIK dalam 80 persen pelajarannya yang melibatkan siswa.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta memberi selamat kepada Tabichi dalam sebuah pesan video. Uhuru mengatakan kisah Anda adalah kisah Afrika, benua muda yang penuh dengan bakat.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X