Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Burung Nuri Paling Gemuk di Dunia Hadapi Kepunahan

Internasional
13 Jun 2019
Burung Nuri Paling Gemuk di Dunia Hadapi Kepunahan

hariansuara.com, Jakarta - Wabah penyakit yang belum pernah terjadi sebelumnya telah mendorong kakapo, burung nuri paling gemuk di dunia, semakin mendekati kepunahan.

"Salah satu populasi kakapo terakhir di Pulau Codfish  terkena penyakit pernapasan jamur yang disebut aspergillosis," kata Departemen Konservasi (DOC).

36 burung menerima perawatan dan tujuh telah mati, termasuk dua burung dewasa. Spesies burung ini hanya berjumlah  150 saja yang masih tersisa.

"Aspergillosis berdampak buruk pada kakapo," kata DOC.

Upaya konservasi intens selama puluhan tahun telah membuat jumlah kakapo perlahan-lahan naik dari titik terendah sekitar 50 pada tahun 1990, dan awal tahun ini ada harapan bahwa spesies itu akan bertambah. 

Program konservasi menghasilkan 249 telur dan memicu harapan setidaknya 75 anak burung akan bertahan tahun ini, lebih dari dua kali lipat dari rekor sebelumnya. Perkembangbiakan kakapo terbilang lambat karena mereka hanya kawin setiap dua hingga empat tahun.(*)

Dokter hewan Kebun Binatang Auckland James Chatterton mengatakan upaya sekarang difokuskan untuk menyelamatkan burung-burung yang terinfeksi aspergillosis. 

"Ini ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami bekerja sangat keras untuk memahami mengapa hal itu terjadi tahun ini," katanya.

Hipotesis awal penyebab munculnya penyakit ini adalah cuaca hangat dan sarang yang padat di Pulau Codfish yang telah menyebabkan banyak spora aspergillosis tumbuh.(*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X