Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Puluhan Orang Tewas Dalam Bentrok Antar Suku di Papua Nugini

Internasional
10 Jul 2019
Puluhan Orang Tewas Dalam Bentrok Antar Suku di Papua Nugini

hariansuara.com, Jakarta -Dua puluh empat orang tewas termasuk dua wanita hamil dalam bentrok suku di Papua Nugini.

Para pejabat setempat mengatakan sedikitnya 24 orang telah tewas di provinsi Hela, sebuah wilayah di barat negara itu, dalam aksi kekerasan selama tiga hari antara suku-suku yang bersaing.

Klan dataran tinggi telah bertarung satu sama lain di Papua Nugini selama berabad-abad, tetapi penggunaan senjata otomatis telah membuat bentrokan lebih mematikan dan meningkatkan siklus kekerasan.

"Dua puluh empat orang dipastikan tewas, terbunuh dalam tiga hari, bisa jadi lebih banyak hari ini," kata administrator provinsi Hela, William Bando. "Kami masih menunggu brief hari ini dari pejabat kami di lapangan."

Bando telah menyerukan agar 100 polisi dikerahkan untuk memperkuat sekitar 40 petugas setempat.

Perdana Menteri James Marape, yang berasal dari provinsi tersebut, berjanji akan meredam aksi kekerasan.

"Hari ini adalah salah satu hari tersedih dalam hidup saya," katanya dalam sebuah pernyataan. "Banyak anak dan ibu yang secara tidak bersalah terbunuh di desa Munima dan Karida di daerah pemilihan saya."

"Penjahat penjahat bersenjata, waktumu sudah habis," kata Marape. "Belajarlah dari apa yang akan kulakukan untuk para penjahat yang membunuh orang yang tidak bersalah, saya tidak takut untuk menggunakan tindakan keras."

Tidak jelas apa yang memicu serangan itu, tetapi banyak bentrok dipicu oleh persaingan lama yang didorong oleh pemerkosaan atau pencurian, atau perselisihan antar batas-batas wilayah suku.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X