Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

PBB: 821 Juta Orang Menderita Kelaparan di Seluruh Dunia

Internasional
16 Jul 2019
PBB: 821 Juta Orang Menderita Kelaparan di Seluruh Dunia

hariansuara.com, Jakarta - Lebih dari 821 juta orang menderita kelaparan di seluruh dunia tahun lalu. Hal ini terungkap dari laporan UN Food and Agriculture Organisation (FAO) dan badan-badan PBB lainnya termasuk Organisasi Kesehatan Dunia.

Setelah beberapa dekade menurun, malnutrisi mulai meningkat pada tahun 2015, terutama karena faktor perubahan iklim dan perang.  "Kami tidak akan mencapai nol kelaparan pada 2030," kata David Beasley, kepala Program Pangan Dunia.

"Itu tren yang buruk. Tanpa ketahanan pangan kita tidak akan pernah memiliki kedamaian dan stabilitas," kata Beasley yang menyesalkan bahwa media lebih banyak mengekspos Brexit dan Donald Trump daripada anak-anak sekarat karena kelaparan.

Dia mengatakan bahwa kelompok-kelompok ekstremis menggunakan kelaparan dan kontrol atas persediaan makanan sebagai senjata untuk memecah komunitas atau merekrut anggota baru.

"Untuk menjaga keamanan pangan dan gizi, sangat penting untuk memiliki kebijakan ekonomi dan sosial untuk menangkal dampak dari siklus ekonomi yang merugikan sambil juga menghindari pemotongan layanan penting, seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, dengan segala cara," tambahnya.

Malnutrisi masih tersebar luas di Afrika di mana sekitar 20 persen dari populasi yang terpengaruh dan di Asia di mana lebih dari 12 persen orang mengalaminya. Di Amerika Latin dan Karibia, kurang dari tujuh persen.

FAO mengatakan upaya saat ini tidak cukup untuk memenuhi tujuan mengurangi separuh jumlah anak yang pertumbuhannya terhambat gizi buruk pada 2030.

Robin Willoughby, kepala kebijakan pangan dan iklim di Oxfam GB, mengatakan wanita adalah yang paling terpukul oleh meningkatnya kelaparan. "Jika kita ingin memenuhi target untuk mengakhiri kelaparan pada tahun 2030, pemerintah harus segera mengurangi emisi rumah kaca, memberikan lebih banyak dukungan untuk pertanian skala kecil dan meningkatkan upaya untuk mengakhiri konflik kekerasan."

Sekitar 149 juta anak-anak di dunia saat ini menderita keterlambatan pertumbuhan terkait kelaparan. Laporan PBB juga mencatat bahwa obesitas dan kelebihan berat badan meningkat di semua wilayah, dengan penderitanya adalah anak-anak usia sekolah dan orang dewasa.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X