Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Christine Lagarde Mundur dari IMF

Internasional
17 Jul 2019
Christine Lagarde Mundur dari IMF

hariansuara.com, Jakarta - Kepala Dana Moneter Internasional Christine Lagarde mengumumkan pada hari Selasa (16 Juli) pengunduran dirinya dari IMF.

Lagarde mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengunduran dirinya efektif pada 12 September. "Dengan proses pencalonan saya sebagai Presiden ECB, saya telah membuat keputusan ini demi kepentingan IMF," kata Lagarde dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan pengunduran dirinya akan mempercepat pemilihan untuk kepala IMF berikutnya. Pengunduran diri Lagarde ini dilakukan dua minggu setelah pencalonannya pada 2 Juli untuk jabatan puncak The European Central Bank (ECB).

Keputusan Lagarde untuk mengundurkan diri terjadi menjelang pertemuan para menteri keuangan Kelompok Tujuh di Chantilly, Prancis.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dijadwalkan untuk bertemu dengan Gubernur Bank of England Mark Carney, salah satu kandidat untuk menggantikan Lagarde. Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pekan lalu menolak berkomentar ketika ditanya soal Carney yang akan menggantikan Lagarde.

Nama-nama lain pengganti Lagarde termasuk Gubernur Bank Finlandia Olli Rehn, serta Presiden Bundesbank Jerman Jens Weidmann, dan anggota dewan eksekutif ECB Benoit Coeure.

Mantan menteri keuangan Perancis mengatakan Lagarde adalah wanita pertama yang mengepalai IMF dan dikenal di kalangan pembuat kebijakan sebagai negosiator yang tangguh. Dia adalah pekerja tanpa lelah untuk manfaat perdagangan, pertumbuhan global yang membantu kaum miskin dan kelas menengah, dan pemberdayaan perempuan.

Secara tradisional, jabatan Kepala Dana Moneter Internasional selalu dipegang oleh orang Eropa, sedangkan kepala organisasi Bank Dunia, selalu dipegang orang Amerika sejak institusi diciptakan pada akhir Perang Dunia Kedua.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X