Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Penembakan di Masjid Oslo Diselidiki Sebagai Upaya Teroris

Internasional
12 Aug 2019
Penembakan di Masjid Oslo Diselidiki Sebagai Upaya Teroris

hariansuara.com, Jakarta - Ribuan Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha di Norwegia pada hari Minggu dengan damai setelah terjadi aksi penembakan sehari sebelumnya di sebuah masjid di Baerum, sebelah barat Oslo.

Pada sabtu sore, Pria bersenjata berusia 21 tahun memasuki Pusat Islam Al-Noor dan mulai menembak, melukai satu orang di masjid sebelum berhasil ditangkap. Pada Sabtu malam, saudara tiri pelaku yang berusia 17 tahun ditemukan tewas di rumahnya di Baerum.

Tersangka didakwa dengan pembunuhan saudara tirinya yang lebih muda dan percobaan pembunuhan di masjid.

Sementara itu, seseorang dengan nama yang sama dengan pelaku telah mempublikasikan postingan ekstremis di internet sebelum melakukan serangan. Polisi sedang menyelidiki penembakan itu sebagai upaya serangan teroris.

Setelah penembakan itu, perayaan Idul Adha  yang awalnya direncanakan di Pusat Islam Al-Noor, dipindahkan ke Thon Hotel di Sandvika, sebelah barat Oslo pada hari Minggu pagi.

Perdana menteri Norwegia mengatakan semua komunitas agama harus merasa aman di negara Nordik ini. "Hari ini, Muslim di seluruh Norwegia merayakan Idul Adha dengan orang yang mereka cintai," tulis Solberg di Twitter. "Tetapi serangan terhadap masjid di Baerum menciptakan ketakutan dan keresahan. Kita harus memerangi sikap kebencian," katanya.

Audun Lysbakken, pemimpin partai Sosialis Norwegia, dalam twitternya mengatakan,  "Hari ini adalah hari libur dan perayaan untuk umat Islam. Tahun ini, juga ditandai dengan rasa takut dan kecemasan. Itulah sebabnya solidaritas, dukungan dan pemikiran kami hari ini dengan semua Muslim Norwegia. Kita harus menunjukkan bahwa komunitas di negara ini jauh lebih kuat daripada kebencian beberapa orang."

Banyak penduduk setempat, termasuk Menteri Kebudayaan Trine Skei Grande dan Walikota Oslo Marianne Borgen, berkumpul di sekitar masjid untuk menunjukkan solidaritas mereka dengan umat Islam.

Penting bagi orang untuk membantu menjaga perayaan Idul Adha berjalan seperti biasa. "Kami harus menunjukkan solidaritas, tetapi juga mengutuk serangan seperti itu terhadap masjid. Kami akan berdiri bersama sekarang di Oslo di luar masjid," kata walikota.

"Ini adalah serangan terhadap semua nilai dasar Norwegia," kata Zeeshan Shah, seorang warga yang ikut berkumpul.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X