Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Komunitas Marvel Bukan Sekadar Iseng

Komunitas & Hobi
11 Mar 2018
Komunitas Marvel Bukan Sekadar Iseng

hariansuara.com, Jakarta -  Marvel Comics dikenal telah  mengorbitkan banyak karakter komik popular di seluruh dunia. Sebut saja Spider-Man, X-Men, Hulk, Fantastic Four, Iron Man, dan masih banyak lagi. Sebagian besar karakter ciptaan Marvel beroperasi dalam dunia yang dikenal sebagai “jagad Marvel”. Belakangan, banyak dari karakter Marvel tersebut yang muncul dalam media hiburan lain seperti serial kartun, film, dan permainan video.

Nah, di Indonesia jagad Marvel ternyata menjamah sebagian masyarakat. Mereka tergabung dalam sebuah komunitas yang diberi nama Komunitas Marvel Indonesia. Dedi Fandim, salah satu founder Komunitas Marvel mengatakan komunitas ini membahas semua tentang marvel, seperti toys, movie, komunitas yang terkait secara tidak langsung dengan marvel, dan pastinya informasi terbaru dari dunia marvel sendiri. 

“Selain itu kami ingin menyebarluaskan marvel di Indonesia juga dengan tujuan masyarakat juga mengetahui apa saja yang bisa di peroleh dari dunia Marvel sendiri.” tuturnya.

Komunitas Marvel berdiri secara resmi itu tahun 2009, tepatnya bulan Agustus. Waktu itu ada lima orang founder termasuk Dedi membentuk komunitas ini yang base-nya ada di media online dan sosmed, yaitu facebook.

Awal terbentuk belumlah seramai sekarang, topik dan bahasan maupun postingan masih sederhana sekali.  Dedi bersama temannya membentuk ini dengan tujuan membuat wadah berkumpulnya bagi para pecinta marvel secara keseluruhan, karena sebelumnya lebih banyak orang – orang mengenal marvel secara terbatas.

Alasannya memilih tokoh-tokoh dari Marvel atas dasar mereka memang sudah menyukai hal ini sejak lama. Keistimewaan Marvel sendiri selain banyaknya karakter di dalamnya, banyak tokoh dan cerita di marvel yang mensinkronkan dengan kondisi asli di dunia, seperti Barack Obama menjadi presiden Amerika kemarin sempat muncul di beberapa adegan komiknya. Mereka juga sering memasukan beberapa kejadian penting di dunia ke dalam cerita dan tidak segan mempromosikan bahwa bukan hanya superhero tertentu saja yang terus tampil namun berusaha memperkenalkannya semua.

Nah, pada awalnya pembentukan komunits ini  banyak yang menganggap sepele lantaran di anggap hanya main main saja dan hanya untuk iseng dan gaya-gayaan. Dedi dan teman – teman butuh waktu yang lama untuk meyakinkan para anggota yang baru untuk aktif baik secara nyata maupun maya, mengerti bahwa komunitas  ini serius dalam menjalankan visi dan misi nya. “Dari yang hanya kumpul – kumpul saja sekarang kami bisa di anggap salah satu komunitas yang stabil dan tersistem manajemennya”tuturnya.

Sebagai komunitas, kegiatan dari komunitas Marvel saat ini rutin setiap bulan melakukan gathering. Tak hanya itu komunitas ini terkadang juga diajak barter dan promosi oleh beberapa pihak, undangan event, nonton bareng film Marvel, kegiatan cosplay tokoh marvel kerja sama dengan sponsor dan beberapa perusahaan untuk promosi.

Dedi mengatakan Komunitas Marvel dikedepannya dapat diterima tidak hanya di kalangan pencinta Marvel saja melainkan juga untuk kalangan umum. Sebab, Komunitas  Marvel bukan diisi dengan kegiatan iseng dan main main saja, namun ada unsur edukasi, sosialisasi dan bisa membuat lebih menghargai apa yang disukai dalam hidup.  

“Selain itu saya juga ingin semoga kedepannya komunitas kami menjadi satu industri unik yang dapat menjembatani dari komunitas dengan segala pihak dan juga bisa membuat satu acara besar yang tentunya isinya Marvel semua dan itu sudah dalam rencana kami,” tuturnya.

Dan untuk keanggotaannya saat ini komunitas Marvel tidak membatasi soal umur, dari muda dewasa dan orang tua, kaum lelaki dan wanita bebas bergabung dengan komunitas ini. 

“Cara bergabung hanya request to join di home base facebook kita. Komunitas kita selain berkembang di Jabodetabek, juga ada perwakilan di Bandung, Surabaya, Bali dan Palembang yang terbaru. Rencana kami ingin terus menambah anggota di beberapa kota besar di Indonesia” pungkas dedi. Tertarik ingin bergabung? (*)

  

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X