Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

7 Cara Mencari dan Menemukan Solusi Mengatasi Masalah

Motivasi
19 Jul 2018
7 Cara Mencari dan Menemukan Solusi Mengatasi Masalah

hariansuara.com, Jakarta - Solusi adalah pemecahan masalah atau jalan keluar penyelesaian suatu kesulitan.  Orang hidup tidak ada yang terlepas dari masalah, karena masalah menjadi pasangan kehidupan, bagaikan laut dan gelombangnya. 

"Ketika orang mendapatkan masalah, ia berupaya untuk mencari solusi dari masalah, ada yang mudah mendapatkan solusinya, ada yang agak sulit, celakanya malah ada yang terjebak, tidak bisa keluar dari masalah." kata Teng Hui. Untuk mencari dan menemukan solusi kita harus melakukan: 

1. Identifikasi

Melihat secara jeli titik permasalahan sesungguhnya secara objektif dan jujur. Dari sini lalu mengidentifikasi poin mana dalam cakupan kemampuan diri sendiri untuk mengatasi dan poin mana di luar ranah diri menangani.

2. Semangat

Berangkat dari kemungkinan solusi dicapai, perlu ditumbuhkan semangat, agar bisa ada spirit menjalani hidup. Semangat merupakan keseluruhan kekuatan kehidupan batin manusia yang bergairah dan bergembira, sehingga Malas manjadi rajin, berat menjadi ringan, sulit menjadi mudah, masalah menjadi celah. 

3. Sabar

Sabar merupakan daya tahan menghadapi kesulitan, tidak cepat marah, tidak cepat putus asa, tidak menyerah, tenang, tidak tergesa-gesa, tidak terburu nafsu. Orang perlu bertekat melatih kesabaran agar bisa hidup sabar, karena kesabaran adalah bagian solusi mengatasi masalah. 

4. Ulet dan tabah

Yaitu memiliki daya tahan kekuatan mental, berani, tidak putus asa disertai kemauan keras dalam menghadapi masalah untuk mencapai tujuan. Penting bagi tiap orang berlatih keuletan dan ketabahan, karena ini merupakan faktor solusi mengatasi kesulitan. 

5. Kebaikan dan kebenaran

Semua orang berpotensi baik dan benar dan bisa memiliki kekuatan kebaikan dan kebenaran, yaitu dengan melatih berbuat kebaikan dan kebenaran. Kebaikan dan kebenaran selalu menjadikan setiap orang punya banyak teman yang baik dan benar.  Tanpa diminta bantuan, sering teman baik dengan tulus hadir membantu masalah yang kita hadapi, karena adanya kekuatan kebaikan dan kebenaran.  Teman-teman yang baik dan benar adalah sumber kekayaan solusi. 

6. Menerima realita

Hidup selalu mau belajar dan berlatih menerima realita sebagaimana adanya hidup, meskipun itu menyakitkan. Walaupun sulit menerima realita yang bermasalah, tidak semestinya orang lari atau menghindar dari masalah, ia mesti terus berusaha berlatih sampai bisa menerima realita sebagai solusi efektif dari semua masalah. 

7. Kesadaran penuh kewaspadaan

Kesadaran adalah tahu dan mengerti hal yang dirasakan, dipikirkan, atau dialami atas keadaan diri sendiri dan orang lain dengan nilai-nilai kearifan.  Kesadaran penuh kewaspadaan setidaknya akan menjadikan diri kita memahami dan mengetahui kemampuan diri sendiri untuk mencari solusi mengatasi masalah dengan Semangat, Sabar, Ulet, Tabah, Realita, Kebaikan dan Kebenaran.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X