Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Sport

Setelah 36 Tahun, Argentina Kembali Ketiga Kali Juara Piala Dunia

Sport
19 Dec 2022
Setelah 36 Tahun, Argentina Kembali Ketiga Kali Juara Piala Dunia

hariansuara.com - Dalam tarung yang menegangkan, Argentina akhirnya berhasil menaklukkan Prancis dengan skor 3-3, dan 4-2 lewat adu penalti di Stadion Lusail, Doha Minggu (18/12/2022).

Prestasi luar biasa. Sudah lama digadang-gadang Argentina untuk mengulang kesuksesan yang lama tak singgah. Ini kali ketiga, setelah 36 tahun Argentina menjadi Juara Piala Dunia pada 1978 dan 1986.

Sejumlah catatan menarik dari duel Argentina vs Prancis, seperti dilansir laman FIFA. Lionel Messi mencetak gol untuk Argentina di awal pemainan. Baru saja masuk ke menit 23. Rekan lainnya, Angel Di Maria, berhasil mencetak gol pada menit ke-36. 

Prancis tak hendak tunduk begitu saja. Pada menit ke-80 dan ke-81, pesepak bola muda Kylian Mbappe berhasil dua kali membobol gawang Hugo Lloris. 

Skor 2-2 bertahan, hingga pertandingan lanjut ke babak tambahan 2x15 menit. Messi menambah 1 gol di menit ke-108 untuk Argentina. Mbappe kemudian tambahkan gol untuk Prancis melalui hattrick di menit 118. 

Kemudian, Molina terpantau handball pada jelang detik terakhir. Adu penalti tak terhindarkan. Gawang Lloris berhasil empat kali dibobol oleh tendangan pemain Argentina, berturut-turut: Messi, disusul Paulo Dybala, Leandro Paredes dan terakhir Gonzalo Montiel. 

Sementara kiper Argentina, Emiliano Martinez, hanya kebobolan dua kali tendangan dari pemain Prancis, Mbappe dan Kolo Muani. Dua pemain Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal menyarangkan gol di adu penalti itu.

Mimpi Lionel Messi Terwujud

Kemenangan Argentina di Piala Dunia sudah lama dimimpikan Lionel Messi. Ia ingin Argentina menjadi Juara Dunia, sekaligus berkontribusi untuk itu. Sementara kini usainya sudah 35 tahun. Kelak Piala Dunia berikutnya, dia sudah 'pensiun'.

"Berkali-kali saya memimpikan Argentina Juara Piala Dunia. Sangat menginginkannya, bahwa Argentina belum jatuh. Saya tidak percaya...," ujar Messi berkali-kali, melonjak gembira saat kemenangan Argentina selesai diverifikasi.

"Terima kasih banyak untuk keluarga saya, untuk semua yang mendukung saya dan juga untuk semua yang percaya pada kami. Kami menunjukkan sekali lagi, bahwa Argentina, ketika kami berjuang bersama dan bersatu, kami mampu mencapai apa yang ingin kami lakukan. Bersatu adalah kekuatan dalam perjuangan mewujudkan mimpi yang sama. Kami berhasil!!!"

Tim Nasional Argentina, dijuluki La Selección dan Albicelestes, penghargaan juga diperoleh ke personelnya. Lionel Messi dinobatkan jadi Pemain Terbaik dan berhak meraih Golden Ball (Bola Emas).

Di urutan kedua, Sepatu Emas diraih Kylian Mbappe dengan gol terbanyak, 8 gol.

Kemudian, Luka Modric pemain terbaik ketiga yang telah mengantarkan Kroasia Juara Tiga di Piala Dunia 2022. 

Kiper Argentina, Emiliano Martinez, menjadi Kiper Terbaik . Sedangkan rekan senegaranya, Enzo Fernandez, menjadi Pemain Muda Terbaik di usia yang baru 21 tahun.

Suka cita membuncah di dada Tim Nasional Argentina, bangsanya dan juga dada para fansnya. Lional Messi pun demikian. Katanya, "Trofi Piala Dunia sungguh indah. Sungguh menakjubkan bisa berakhir seperti ini. Sebelumnya saya katakan Tuhan akan memberi saya kemenangan ini, entahlah, dan hal ini benar-benar terwujud jadi kenyataan." (*) Nuh/MTS            Foto: FIFA, @messi_messi10

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X