Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Begini 5 Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

Wisata
12 Jul 2019
Begini 5 Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

hariansuara.com, Jakarta - Liburan adalah agenda wajib dan hampir menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, dari anak kecil hingga orang dewasa memerlukan liburan sehingga membuat banyak biro perjalanan menawarkan paket travel murah.

Liburan dapat diartikan dengan kegiatan bersenang-senang atau menghilangkan stres dan jenuh karena aktivitas yang dilakukan setiap hari, bulan bahkan tahunan seperti bekerja dan sekolah. Biasanya ketika berlibur banyak orang melakukan kegiatan yang mereka sukai. Liburan akan menjadi semakin seru ketika berlibur bersama teman, keluarga maupun orang terkasih lainnya. Kebebasan waktu yang dimiliki saat liburan membuat orang lebih merasa santai dan tenang.

Pada saat berlibur ada hal-hal yang perlu lakukan dan ada yang tidak perlu dilakukan (Do and Don’t) agar liburan Anda tetap seru, berkesan dan tidak membosankan. Berikut ini Do and Don’t yang perlu Anda ketahui sebelum memulai liburan.

1. (Don’t) Memikirkan dan Khawatir Soal Pekerjaan

Saat memutuskan untuk pergi berlibur, itu artinya Anda memutuskan untuk meninggalkan aktivitas sehari-hari sejenak. Seperti bekerja ataupun bersekolah. Jika terus memikirkan tentang pekerjaan atau sekolah saat berlibur maka Anda tidak akan bisa menikmati liburan dan rencana untuk melepas rasa penat dengan liburan akan gagal, karena Anda terlalu memikirkan pekerjaan dan akan berujung stress.

2. (Don’t) Ketergantungan dengan Handphone

Saat berlibur adalah saat yang paling pas untuk merekatkan kembali hubungan Anda bersama teman ataupun keluarga. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa handphone menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi beberapa orang. Alat komunikasi memang diperlukan apalagi di jaman yang sudah serba canggih ini, namun tak ada salahnya jika menggunakan handpnone seperlunya saja agar liburan yang Anda lakukan bersama teman maupun keluarga akan meninggalkan kenangan manis karena seringnya berinteraksi satu sama lain. Nikmatilah liburan dengan bercengkrama bersama orang terkasih jangan terhipnotis oleh indahnya dunia maya yang ada dalam genggaman. Banyak orang tidak menyadari hal ini bahwa efek negatif dari handphone adalah menjauhkan orang yang dekat ketika mereka mulai masuk dalam candu dunia maya.

3. (Don’t) Melanggar Aturan Penduduk Setempat

Berbagai daerah memiliki keunikan dan keberagamannya sendiri. Jika berlibur ke suatu tempat, daerah atau bahkan negara. Wajib bagi Anda untuk mengetahui apa saja aturan yang tidak boleh dilanggar karena jika tidak Anda akan mengalami kesulitan ketika berlibur di sana. Alih-alih menghilangkan stess malah menambah beban pikiran. Cobalah untuk beradaptasi dengan budaya dan aturan setempat sehingga akan lebih mudah untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Menghormati penduduk setempat dan apa yang mereka percayai adalah bentuk toleransi yang harus dilakukan, walaupun Anda membayar untuk berlibur di sana tetap saja itu adalah tanah mereka dan rumah mereka. Sebaiknya jika baru pertama kali datang ke tempat tersebut untuk menyewa pemandu wisata. Banyak biro perjalanan yang telah bekerjasama dengan penduduk lokal untuk memandu para wisatawan yang akan berkunjung bahkan mereka menawarkan paket liburan murah.

Setelah mengetahui apa saja yang tidak seharusnya dilakukan saat berlibur, maka Anda juga harus tahu hal-hal apa saja yang perlu dan harus dilakukan saat berlibur demi mendapatkan liburan yang menyenangkan dan meninggalkan kenangan manis.

4. (Do) Menyampingkan Urusan Pekerjaan

Waktu berlibur adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, mereka bahkan berani membayar mahal hanya sekedar untuk berlibur. Saat berlibur tidak seharusnya untuk memikirkan pekerjaan, pasalnya jika terus memikirkan pekerjaan saat berlibur maka Anda tidak bisa menikmati liburan Anda. Tubuh juga perlu penyegaran (refreshing) setelah bekerja keras setahun belakangan, hal ini penting agar Anda bisa menikmati liburan yang diinginkan. Saat kembali ke pekerjaan nanti jika benar-benar menikmati liburan maka Anda dapat kembali dengan fresh dan bisa semakin produktif menjalankan aktivitas.

5. (Do) Menentukan Apa Saja Yang Akan di Lakukan

Langkah ini harus ada di daftar liburan Anda, melakukan kegiatan apa saja ketika berlibur. Liburan akan semakin seru ketika Anda melakukan sesuatu yang diinginkan atau melakukan hobi yang selama ini tidak dapat terlaksana. Jangan pergi berlibur tanpa tahu apa yang akan dilakukan, ini sama saja membuang-buang waktu dan tenaga. Melakukan apa yang disukai dapat meningkatkan mood dan mengurangi stress.

Tips di atas adalah sedikit dari sekian banyak hal yang harus dilakukan dan hal yang harus tidak dilakukan. Berlibur dengan menyenangkan adalah keinginan banyak orang maka dari itu tips di atas dapat anda terapkan untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan dan meninggalkan banyak kenangan atau memori indah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jasa tour and travel murah agar liburan Anda lebih terencana.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X