Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Wisata Gunung Bromo Hari Ini Dibuka Kembali

Wisata
28 Aug 2020
Wisata Gunung Bromo Hari Ini Dibuka Kembali

hariansuara.com, Lumajang - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hari ini, Jumat (28/8/2020) dibuka untuk wisata umum setelah lima bulan ditutup akibat pandemi corona Covid-19. 

Diawali dengan dibukanya pesiar menikmata wisata alam Gunung Bromo yang memang punya peminat tinggi. Dua minggu ke depan, wisata ke Gunung Semeru baru dibuka kembali. Persyaratannya, diberlakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Tata aturan ini adalah kesepakatan dari empat kepala daerah, yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Untuk itu, semua yang terlibat dalam kegiatan pariwisata ini, mulai dari turis hingga guide dan penunggang kuda sewaan haruslah tunduk pada ketentuan yang sudah digariskan oleh kantor Balai Besar TNBTS.

Guide Lengkap dengan Jeep offroader, foto dan kisah Gunung Bromo yang menarik 

"Ada standard operation procedure (SOP) tentang protokol kesehatan yang telah kami susun dan sosialisasikan kepada semua pihak, termasuk TNI dan Polri," ujar John Kenedie, Ketua Balai Besar TNBTSdengan melibatkan aparat TNI-Polri," ujar John dalam keterangannya Selasa lalu (25/8/2020).

Berdasarkan ketentuan itu, jumlah wisatawan dibatasi sebanyak 20 persen atau sekitar 739 orang di setiap site. Diketahui ada beberapa site di sana, seperti site Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Kedaluh, Savana, dan Mentigen.

Gunadi, seorang tour guide, berbagi cerita bahwasanya animo pengunjung ke Gunung Bromo masih sangat besar. Meski pada hari ini, karena wisata Gunung Bromo baru dibuka, maka pengunjung masih belum seramai di masa sebelum terjadi pandemi corona Covid-19.

Dan toh, katanya, sekarang ini sudah lebih mudah lagi untuk mendapatkan tiket wisatanya. Tiket bisa dibeli secara online atau booking online di situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org 

Tarifnya juga belum berubah. Untuk wisatawan dalam negeri sebesar Rp29.000/hari kerja dan pada akhir pekan atau hari libur Rp34.000. Untuk wisatawan mancanegara, tarifnya Rp220.000/hari kerja dan Rp320.000/hari libur atau weekend. Bagaimana dengan rapid test, apakah diperlukan? 

Menyitir penjelasan John, tidak perlu mengikuti rapid test. Cukup membawa surat keterangan bebas ISPA dari puskesmas. Untuk teknisnya, bisa ditanyakan ke puskesmas terdekat lokasi wisata. 

"Memang kami semua harus betul-betul mematuhi ketentuan protokol kesehatan supaya wisata Bromo dan pendakian Semeru aman dan tetap bisa beroperasional," kata Gunadi, yang paham betul, bila ketentuan ini dilanggar bisa-bisa wisata ini ditutup sementara lagi.  

Selain juga pihak Balai Besar TNBTS akan bertindak tegas dan memberikan sanksi kepada para pelanggar protokol kesehatan dan panduan kunjungan wisata alam. (*) nis/stm      FOTO: Dok Gunadi

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X