Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Jokowi Siap Proyeksikan Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Premium

Wisata
02 Oct 2020
Jokowi Siap Proyeksikan Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Premium

hariansuara.com, Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo mengecek sejumlah prasarana pendukung infrastruktur akses pariwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jokowi bilang, pemerintah pusat mendukung Labuan Bajo sebagai aset obyek wisata nasional yang prospek.

Dengan demikian, kata Jokowi, pembangunan sarana wisata di daerah itu akan terus digenjot. Salah satu yang disinggung Jokowi adalah area wisata di Goa Batu Cermin.

Selain itu, ada Puncak Waringin yang punya potensi menarik perhatian turis dunia. Ia optimis dua destinasi itu jika ditopang sarana pendukung maka akan membantu pariwisata Tanah Air yang anjlok karena Corona Covid-19.

"Semua dalam proses. Pemerintan akan membantu, memonitor proses ini seperti penataan kawasan di Puncak Waringin yang nanti di situ akan dipakai untuk men-display handicraft, produk-produk yang ada di Nusa Tenggara Timur," ujar Jokowi seperti disampaikan dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden yang dikutip pada Jumat, 2 Oktober 2020.

Jokowi menambahkan cita rasa destinasi Labuan Bajo akan diperkuat dengan ciri khas budaya NTT seperti kain tenun, syal, sampai ukir-ukiran kerajinan tangan lainnya.

Pun, akses yang penting dan jadi perhatian adalah revitalisasi pelabuhan di Labuan Bajo. Menurut Jokowi, pelabuhan yang lama perlu dirombak total. 

Ia menyebut proyek revitaslisasi pelabuhan sudah berjalan. Pemerintah menargetkan bisa rampung pada akhir 2021.

"Pelabuhannya khusus ini untuk pariwisata nantinya. Nah, yang untuk keperluan lain seperti logistik itu nantu di Wae Kelambu," sebut eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi menambahkan perlu ada perbaikan lain di destinasi wisata Pulau Rinca. Ia menyampaikan demikian lantaran daerah tersebut punya ciri khas dengan keberadaan kadal raksasa, komodo. 

"Kawasan kami ingin wisata yang sangat natural, siapa pun yang berkunjung. Natural tapi tetap jadi kawasan wisata yang betul-betul memang premium," kata Jokowi. 

Sebelumnya, dikutup dari akun Twitternya, Jokowi menyebut aktivitas di Labuan Bajo juga meninjau aktivitas bongkar muat di Kampung Ujung serta sarana gedung di Batu Cermin.

"Hari ini saya ke Labuan Bajo di NTT, meninjau pembangunan terminal pelabuhan multifungsi untuk aktivitas bongkar muat peti kemas, pengembangan prasarana di Kampung Ujung, serta gedung di Batu Cermin. Insya Allah, tahap pertama pengembangan Labuan Bajo, akan selesai tahun ini," demikian tulis Jokowi di akun Twitternya, @jokowi. (*) zai/stm          FOTO: Presiden Jokowi di Labuan Bajo/Twitter @jokowi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X