Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Baru Sepekan, Pendakian Gunung Semeru Sudah Penuh Di-booking

Wisata
05 Oct 2020
Baru Sepekan, Pendakian Gunung Semeru Sudah Penuh Di-booking

hariansuara.com, Lumajang - Baru sepekan kembali dibuka, tiket jalur pendakian Gunung Semeru sudah habis terjual. Pendakian resmi Gunung Semeru kembali di buka mulai 1 Oktober 2020 sejak beberapa bulan ditutup karena pandemi  Covid-19.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyampaikan demikian karena di tengah pandemi ini batas kuota pendakian hanya 120 orang. Total sebelum pandemi biasanya 600 orang. 

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, sejak Jumat, 2 Oktober hingga Senin, 5 Oktober 2020 tiket pendakian sudah ludes terjual. 

"Sudah full booked pendakian yang dilakukan mulai 2 hingga 5 Oktober 2020 untuk kuota 120 orang per hari. Rata-rata mereka warga Malang sini saja dan sekitarnya," kata Sarif, Senin, 5 Oktober 2020.

Sarif mengatakan, pada hari pertama pembukaan kembali jalur pendakian diisi jumlah pendaki yang sekitar 16 orang saja. Tapi, mulai hari ke dua hingga hari ke lima pembukaan jalur jumlah pendaki yang ingin ke Gunung Semeru terus melonjak sampai batas kuota yang ditentukan.

"Di hari pertama pembukaan masih landai, hanya 16 orang saja. Namun, mulai tanggal 2 sampai 5 Oktober full booked," jelas Sarif.

Untuk diketahui, Gunung Setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu ditutup selama hampir satu tahun. Selain pandemi Covid-19, ada alasan pertimbangan lain seperti untuk pengembalian ekosistem gunung.

Pun, pendaftaran juga dibuka secara online melalui laman bookingsemeru.bromotenggersemeru.org. Pendaki wajib menggunakan masker, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer dan wajib menjaga jarak termasuk dalam pemasangan tenda.

"Batas lama pendakian yang diizinkan maksimalkan hanya 2 hari 1 malam. Di pintu masuk akan ada pengecekan suhu jika suhu 37.3 derajat celcius selama 2 kali pemeriksaan pendaki dilarang masuk," tutur Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie.

John menjelaskan, untuk Semeru sama dengan Gunung Bromo. Pendakian yang diizinkan untuk yang sudah berumur minimal 10 tahun dan maksimal 60 tahun. Wajib menggunakan masker dan membawa cadangan minimal 4 buah masker.

"Surat keterangan sehat yang asli dari dokter yang menyatakan bebas ISPA, bertanda tangan dan stempel basah yang berlaku paling lama 3 hari sebelum hari H. Menggunakan masker dan membawa cadangan minimal 4 buah masker. Membawa obat-obatan pribadi dan hand sanitizer," kata John. (*) roh/stm             FOTO: Gunung Semeru kembali dibuka/ANTARA-Umarul Faruq

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X