Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Rumah Raja Pusurebong Dan Pantai Sebanjar

Wisata
15 Mar 2017
Rumah Raja Pusurebong Dan Pantai Sebanjar

Alor - Jalan-jalan ke Kabupaten Alor, jangan lupa mengunjungi dua destinasi wisata yang menarik ini. Rumah Raja Pusurebong yang ditetapkan sebagai salah satu situs sejarah dan menawannya Pantai Sebanjar yang tidak kalah dengan Raja Ampat.

 

 

Rumah Raja Pusurebong

 

Di Desa Alor Besar terdapat destinasi wisata menarik yang bisa dijadikan referensi Anda. Rumah Pusurebong, Istana Kerajaan Bungabali yang ditetapkan sebagai salah satu situs sejarah di Kabupaten Alor.

 

Menurut penuturan sejarah, di dalam pintu istana tertanam kepala seorang penguasa bernama Bungabara. Sementara di halamannya, terdapat mesbah setinggi dua meter. Konon di situ terkubur enam ribu lebih kepala para panglima perang.

 

Kalau kita memasuki istana, maka akan melewati pintu dengan patung ular naga dan jangkar raksasa.

 

Patung ular naga dalam Usdiran (2011) dijelaskan bahwa dipercaya sebagai pelindung kerajaan. Sementara jangkar raksasa adalah peninggalan kapal Portugis yang singgah di pantai kerajaan saat berlayar ke Pulau Flores.

 

 

Pada masa pemerintahan Kerajaan Bungabali, ada 4 raja yang pernah memimpin yakni Raja Kawiha Naha, Raja Baolong I, Raja Baololong II dan Raja Kawiha Tuli.

 

Oleh Belanda, sistem kerajaan dihapus, digantikan dengan sistem Belanda namun kerajaan Bungabali tetap dijalankan meski bersifat konservatif.

 

Saat ini Istana Kerajaan Bungabali dijaga oleh dinasti Tulimau, penerus dari Raja Kawiha Tuli.

 

 

 

Menawannya Pantai Sebanjar

 

Jangan lupa menikmati wisata laut yang tak kalah indah dengan Raja Ampat. Disini ada objek wisata pantai bernama Pantai Sebanjar. Pantai pasir putih dan laut yang jernih berikut biota laut yang menawan menjadi daya tarik disini.

 

Kita juga bisa melihat pulau-pulau kecil di dekatnya, serta beberapa rumah warga yang membuat kain tenun.

 

Untuk bisa sampai ke desa ini, dari Kota Jakarta, lebih mudah naik pesawat ke Kupang lalu transit. Dari Kupang langsung naik pesawat baling - baling ke Bandara Mali, Alor dengan harga tiket 300 ribu per-orang.

 

Di Kota Kalabahi, ada beberapa penginapan yang sering digunakan wisatawan yaitu Hotel Melati, Hotel Nusa Kenari, Hotel Pelangi, Hotel Adi Darma, Hotel Beldang dan Hotel Pulau Alor.

 

Dari Kota Kalabahi, wisatawan menumpang bemo ataupun bus tujuan Kalabahi - Kokar dengan tarif 20 ribu per-orang.(Marzuki Tambe)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X