Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

4 Buah Ini Sedap Disantap Pas Berbuka Puasa

Kuliner
17 May 2018
 4 Buah Ini Sedap Disantap Pas Berbuka Puasa

hariansuara.com, Jakarta - Bulan Ramadhan jelas punya ciri khas. Salah satu ciri khas dari bulan penuh berkah ini adalah kehadiran dari makanan termasuk buah-buahan yang muncul secara dadakan. 

Buah-buahan ini diperjualbelikan di daerah pedesaan atau pinggiran jalan perkotaan. Pun dengan pasar swalayan atau juga di pasar tradisional.  Soal harga relatif tetapi kenikmatannya pas disantap sat berbuka puasa  tiada-duanya. Nah, berikut ini buah-buahan segar yang popular di bulan puasa.

1. Kolang-kaling

Yang sering jalan-jalan ke pasar tradisional, pasti sering menemui buah mungil yang satu ini. Biasanya kolang-kaling ini ditempatkan di ember-ember yang penuh dengan air didepan kios penjualnya. Nah, sebelum memakannya, kolang kaling perlu dicuci bersih agar tak ada kuman. Kolang-kaling bisa dimasak untuk kolak, dibuat es pakai sirup, bisa juga dibuat manisan yang pasti enaknya bikin ketagihan.

2. Kelapa

Cuaca terik, air liur langsung menetes di saat air kelapa didepan mata. Kelapa ini sungguh ajaib. Tak hanya airnya saja yang bisa diminum dingin-dingin. Tapi daging dalamnya juga bisa disantap dengan lahap. Kini, air kelapa atau es kelapa, rasanya tidakmonoton. Varian rasa banyak dijajakan. Tersedia beragam rasa dari es kelapa rasa alpukat, durian, dan rasa lainnya. Untuk membelinya juga tak pakai susah karena yang jual es kelapa di bulan puasa itu banyak

3. Blewah

Blewah yang kaya akan air ini cocok jadi teman berbuka puasa. Enaknya, buah ini jangan langsung dimakan, melainkan  diolah atau dicampur buah-buahan lainnya. Apalagi ditambah es sirup. Tenggorakan yang kering kerontang pun bisa hilang entah kemana.

4. Timun Suri

Buah ini termasuk kurang popular di bulan selain bulan puasa. Tapi pas bulan puasa tiba, yang menjajakan seperti jamur di musim penghujan. Buah yang masuk dalam keluarga labu-labuan ini bisa diolah jadi minuman segar untuk berbuka puasa. Sampai sekarang  belum ada rekaman sejarah yang  mengatakan kenapa timun suri itu identik dengan Ramadhan. Namun, kemungkinan besar saking banyaknya permintaan timun suri pas bulan puasa membuat banyak petani berbondong-bondong menanam timun suri.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X