Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Jepang Tidak Akan Pindahkan Kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem

Internasional
27 Dec 2017
Jepang Tidak Akan Pindahkan Kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem

hariansuara.com, Amman -  Jepang tidak akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Jepang Taro KMenteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi,  Taro mengatakan Jepang menganggap Yerusalem sebagai salah satu masalah  yang perlu diselesaikan melalui perundingan langsung 

Pejabat Jepang tersebut menegaskan kembali dukungan Jepang untuk solusi dua negara dan kebutuhan untuk mengaktifkan kembali usaha dalam hal ini. Dia juga menyuarakan penghargaan atas upaya Yordania mencapai perdamaian di Timur Tengah.

Baca juga: Indonesia Kecam Rencana Guatemala Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

Safadi mengatakan Yordania menyambut baik peran Jepang dalam menangani krisis regional dan dukungannya untuk upaya perdamaian. 

Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memindahkan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem melanggar hukum internasional dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata pejabat Yordania tersebut, yang menekankan upaya Yordania untuk menemukan solusi menyusul keputusan tersebut.

Safadi menyerukan upaya intensif pada tingkat internasional untuk memfasilitasi solusi bagi kedua negara, menjamin terciptanya negara merdeka Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kotanya.

Baca juga: Guatemala: Pemindahan Kedutaan ke Yerusalem Adalah Keputusan Berdaulat

Pada1967, Israel mengambil alih Yerusalem Timur dari Yordania dan menyatakan seluruh kota sebagai "Ibu Kota abadi tak terpisahkan pada 1980. Namun, hal itu belum diakui oleh masyarakat internasional. 

Perdana Menteri Yordania Hani Mulki mengatakan dalam pertemuannya dengan menteri luar negeri Jepang yang berkunjung bahwa keputusan Trump tidak berlaku dan bertentangan dengan hukum internasional. Dia menambahkan  isu Palestina merupakan isu sentral di Timur Tengah. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X