Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Serangan Jantung Meningkat di Kalangan Orang Muda

Kesehatan
25 Mar 2019
Serangan Jantung Meningkat di Kalangan Orang Muda

hariansuara.com, Jakarta - Serangan jantung dikenal sebagai penyakit orang tua, namun sekarang tidak lagi. Pasalnya, sebuah penelitian memaparkan orang berusia 40 tahun ke bawah juga berisiko kena serangan jantung. 

Studi ini membandingkan orang yang berusia 41-50 tahun dan di antara pasien yang menderita serangan jantung pada usia muda secara keseluruhan adalah 40 atau lebih muda. Proporsi orang di bawah 40 yang mengalami serangan jantung telah meningkat, naik 2 persen setiap tahun selama 10 tahun terakhir.

"Dulu sangat jarang melihat siapa pun di bawah usia 40 tahun dengan serangan jantung dan beberapa dari orang-orang ini sekarang berusia 20-an dan awal 30-an," kata Ron Blankstein, Associate Professor di Universitas Harvard.

Para penyintas serangan jantung termuda memiliki kemungkinan yang sama untuk meninggal akibat serangan jantung atau stroke lain seperti para penyintas di atas 10 tahun lebih tua.

Dan faktor di balik meningkatnya serangan jantung pada orang muda itu termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, riwayat keluarga dengan serangan jantung dini dan kolesterol tinggi, dan penyalahgunaan zat.

Penelitian ini akan dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-68 American College of Cardiology di New Orleans. Untuk penelitian ini, para peneliti menyertakan total 2.097 pasien muda.

Mereka menemukan bahwa kelompok di bawah 40 tahun memiliki diseksi arteri koroner yang lebih spontan, robekan pada dinding pembuluh darah  yang cenderung lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan.

Adapun kebiasaan yang harus dilakukan untuk menghindari serangan jantung  seperti menghindari tembakau, olahraga teratur, diet jantung sehat, penurunan berat badan jika diperlukan, mengelola tekanan darah dan kolesterol, mengendalikan diabetes jika diperlukan, dan menjauhi penyalahgunaan zat perlu dipertahankan untuk jantung yang baik.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X