Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Vaksin Pneumonia Buatan India Lebih Terjangkau Dari Vaksin yang Sudah Ada

Kesehatan
23 Dec 2019
Vaksin Pneumonia Buatan India Lebih Terjangkau Dari Vaksin yang Sudah Ada

hariansuara.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja memastikan kualitas vaksin konjugasi pneumokokus (PCV) ketiga, yang diproduksi oleh Serum Institute of India, yang melindungi anak-anak dari jenis pneumonia tertentu dan akan jauh lebih terjangkau daripada vaksin yang sudah ada.

Langkah penting ini akan memungkinkan negara dan penyedia perawatan untuk mendapatkan versi vaksin yang lebih terjangkau, yang telah lama tidak terjangkau oleh jutaan anak karena tingginya harga vaksin yang diproduksi oleh Pfizer dan GlaxoSmithKline (GSK). Ini adalah vaksin pneumokokus pertama yang diproduksi oleh produsen negara berkembang. Yayasan Bill & Melinda Gates memberikan beberapa dukungan perintis untuk pengembangan vaksin.

Serum Institute of India sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka berencana untuk menjual vaksin dengan harga sekitar 6 dollar AS per anak ke Gavi dan ke negara-negara termiskin, dan dengan harga tidak lebih dari  11 dollar di negara-negara berpenghasilan menengah, jauh lebih kecil dari produk Pfizer dan GSK.

Pemerintah yang ingin membeli vaksin baru yang lebih terjangkau ini harus mempertimbangkan untuk menggunakan Prosedur Pendaftaran Kolaborasi WHO untuk mempercepat pendaftarannya.

“Ini adalah hari yang monumental bagi anak-anak di seluruh dunia dan pemerintah yang berusaha melindungi mereka dari pneumonia yang mengancam jiwa. Vaksin pneumonia yang lebih terjangkau adalah alat perlindungan dalam melindungi lebih banyak anak terhadap pembunuh anak nomor satu di dunia," kata  Kate Elder, Penasihat Kebijakan Vaksin Senior untuk Kampanye Akses MSF.

MSF telah menyerukan vaksin pneumonia yang lebih terjangkau selama bertahun-tahun, meminta agar harganya tidak lebih dari 5 dollar AS per anak. Vaksin baru dan lebih terjangkau dari produsen India ini pada akhirnya akan mematahkan cengkeraman yang sudah lama dilakukan oleh perusahaan farmasi Pfizer dan GSK, yang berarti bahwa lebih dari 55 juta anak di seluruh dunia yang telah ditinggalkan sebagian besar karena keserakahan korporasi akhirnya dapat memperoleh kesempatan yang adil dilindungi. Banyak dari anak-anak ini yang tinggal di negara-negara yang dianggap 'berpenghasilan menengah', yang tidak dapat mengambil manfaat dari harga khusus yang dinegosiasikan oleh Gavi.

"Untuk menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa, kami menyerukan WHO, UNICEF dan Gavi untuk meningkatkan dan membantu pemerintah mengakses vaksin yang lebih terjangkau ini secepat mungkin. Kami juga berharap Serum Institute of India memperpanjang harga global terendah untuk vaksin pneumonia barunya ke semua organisasi kemanusiaan," pungkasnya.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X