Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Pandemi Corona Bikin Stres dan Tidur Tak Nyenyak, Ini Tips Biar Tetap Sehat

Kesehatan
26 May 2020
Pandemi Corona Bikin Stres dan Tidur Tak Nyenyak, Ini Tips Biar Tetap Sehat

hariansuara.com, Jakarta - Faktor stres bisa membuat waktu tidur malam yang sehat terganggu. Dengan kurang tidur bisa mengurangi sistem kekebalan tubuh dan rentan terhadap serangan penyakit.

Dikutip dari healthline, Selasa, 26 Mei 2020, aktivitas tidur yang cukup membantu kesehatan otak terjaga. Begitupun menjaga kecakapan fisik tubuh. Namun, pandemi Corona yang menyebar secara masif saat ini diakui memicu pikiran stres.

Dampak pandemi Corona sudah terasa di berbagai negara. Mulai dari resesi ekonomi, pembatasan aktivitas sosial, sampai gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Senior Neuropsychologist di Lenox Hill Hospital di New York City, Brittany LeMonda, PhD, mengatakan pentingnya tidur karena berkaitan dengan kekebalan tubuh. Kata dia, tidur yang sehat bisa membantu fisiologis dalam tubuh.

"Jika tidak tidur, kita dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang kita tahu kemudian dapat menyebabkan lebih rentan terhadap berbagai virus," kata Brittany.

Dia menekankan tidur menjadi kunci penting untuk membantu menjaga kekuatan tubuh. Jadi, selain menerapkan pola hidup sehat seperti mencuci tangan sampai jaga jarak fisik maka tidur punya peran penting lain.

Berikut beberapa tips agar Anda bisa istirahat tidur nyenyak selama masa pandemi yang belum jelas kapan berakhir ini.

1. Pertahankan rutinitas positif secara teratur

Pandemi Corona memang berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari. Ada perbedaan jelas saat sebelum pandemi. Imbas pandemi seperti PHK, bekerja dari rumah sampai anak-anak tidak sekolah menjadi contoh nyata.

Namun, disarankan dalam persoalan ini tetap menjaga rutinitas agar tidur nyenyak. Misalnya dengan bekerja dari rumah justru menjadi keuntungan dari segi waktu. Karena tentu tak membutuhkan waktu perjalanan berangkat atau pulang dari tempat kerja.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Poin ini diharapkan jadi catatan penting. Jangan tidur siang berlebihan di rumah di tengah pandemi. Kekhawatiran ini karena bekerja dari rumah maka akan lebih berpotensi dekat dengan kamar tidur dan sofa.

Dengan tidur siang berlebihan maka berpotensi mengubah atau mengganggu rutinitas istirahat malam.

Daripada tidur siang, lebih baik gunakan rutinitas sehat itu dengan bangun pagi dan mulai menyelesaikan pekerjaan.

3. Rajin olahraga

Tips ini memang dilema karena tempat gym biasanya ditutup selama pandemi. Namun, Anda bisa coba olahraga secara teratur. Catat ya, olahraga harian itu sama pentingnya dengan tidur.

Meski di rumah tapi bisa tetap melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan efektif.

Namun, penting juga diingat jangan berolahraga dalam waktu beberapa jam sebelum tidur. Sebab, cara ini justru mengganggu stimulasi aktivitas fisik dan bisa mempersulit tidur.

4. Konsumsi informasi berita dengan benar

Selama pandemi ini pasti arus berita dan informasi Corona sangat kencang. Arus beriya yang terus menerus ini bisa mempengaruhi kenyamanan dalam berpikir.

Disarankan agar bisa membatasi mendengarkan berita. Susunlah jawal untuk mendengar dan menyaksikan update berita, 

Salah satunya bisa mengubah kebiasaan beberapa kali dalam sehari memeriksa ponsel untuk melihat berita.(*) nis/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X