Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Pilek dan Flu Beda Lo, Mana yang Berbahaya

Kesehatan
05 Jun 2020
Pilek dan Flu Beda Lo, Mana yang Berbahaya

hariansuara.com, Jakarta - Bagi masyarakat awam, mungkin flu dan flu tampak serupa karena keduanya penyakit pernapasan dan punya gejala sama. Namun, virus yang menyebabkan dua penyakit ini berbeda.

Dikutip hariansuara dari healtline, Jumat, 5 Juni 2020, pilek dan flu memang hampir memiliki gejala umum yang sama. Tapi, yang perlu Anda ketahui pilek jarang menyebabkan kondisi kesehatan lainnya. Berbeda dengan flu yang bisa merembet karena memicu infeksi sinus dan telinga, dan pneumonia.

Nah, biar tahu bedakan gejala pilek atau flu, Anda mesti periksa ke dokter. Dokter nanti bisa melakukan tes untuk menentukan Anda menderita pilek atau batuk.

Jika diagnosa dokter bahwa penyakit Anda pilek, maka hanya perlu mengobati gejalanya sampai virus sembuh. Dalam pengobatannya, ini dapat termasuk menggunakan obat-obatan pil bebas dan perbanyak istirahat.

Untuk flu perlu minum obat khusus flu di awal siklus penyakit. Cara ini bisa bantu mengurangi penyakit sebelum bertambah parah. Istirahat yang cukup juga bermanfaat untuk tubuh.

Perbedaan antara flu dan batu akan dirincikan sebagai berikut. Flu biasanya selalu menyebabkan peningkatan suhu tubuh atau disebut demam. 

Biasaya demam yang berhubungan dengan flu berkisar 37,8 derajat Celcius sampai 40 derajat Celcius. Bila kondisi sudah drop, gejala tubuh bisa menggigil, atau berkeringat.

Sumber: id.wikipedia.org

 

Gejala lain biasanya yang menempel flu adalah batuk kering dan berdahak. Anda juga mungkin mengalami sesak napas atau ketidaknyamanan dada selama waktu ini. 

Kadang ada penderita flu yang mengalami nyeri otot di bagian eher, pinggang, dan lengan. Pun, sakit kepala kadang-kadang memiliki gejala mata yang penang.

Untuk flu ringan biasanya sering hilang dalam waktu sekitar satu minggu. Selama waktu itu, ada beberapa perawatan untuk membuat gejala lebih mudah ditangani.

Obat-obatan antivirus yang diresepkan dapat mengurangi keparahan infeksi flu. Beberapa obat dapat meringankan gejala infeksi. Bahkan beberapa obat flu alami dapat membantu meredakan gejala.

Perawatan yang mendukung untuk sembuh dari flu antaralain asupan makanan berupa sup. Sup ayam hangat bekerja pada banyak tingkatan sebagai obat flu. 

Cairan hangat dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan menyediakan hidrasi dan elektrolit. Penelitian telah menunjukkan itu juga dapat mengubah pergerakan sel darah putih di tubuh Anda. 

Pun, mengkonsumsi madu. Sekarang ini banyak obat batuk dan pilek alami yang mengandung madu. Madu adalah penekan batuk yang efektif. 

Jahe juga bagus untuk tubuh saat kondisi pilek atau batuk. Jahe ini bisa dimasukkan dalam minuman teh atau segelas air hangat. Khasiatnya bisa menyembuhkan dan dapat meredakan sakit tenggorokan.(*) roh/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X