Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Rawat Ginjal Anda Agar tak Cuci Darah 

Kesehatan
30 Jun 2020
Rawat Ginjal Anda Agar tak Cuci Darah 

hariansuara.com, Jakarta – Gaya hidup dan pola diet yang keliru membuat ginjal merana. Bila dibiarkan berlarut, maka dua organ kecil terletak pada kedua sisi tulang belakang, persis di bawah tulang rusuk ini akan gagal fungsi. Alhasil, limbah menumpuk dan meracuni tubuh, sehingga dokter pun memvonis: harus cuci darah! 

Ini risiko yang teramat berat bagi si pasien, maupun keluarganya. Si pasien tak bisa seproduktif sebelumnya, karena harus rutin cuci darah di rumah sakit. Keluarga pun mesti menguras kocek dalam-dalam untuk membiayai cuci darah yang mahal. Sebelum terlambat, sekarang juga, jaga ginjal Anda! Berikut caranya:

1. Kunci utama: Cukupi Cairan Tubuh

Bagaimana dengan minum air putih 8 gelas sehari? Bagus! Tapi, tidak cukup. Anda mesti terus bantu bersihkan ginjal dari sisa-sisa pembakaran yang tak berguna bagi tubuh. Untuk itu, cukupi kebutuhan air dengan minum 2,7 liter air putih (bagi wanita) dan 3,7 liter untuk pria. 

Ketahuilah, tubuh manusia 60% terdiri dari air, yang dari sebagiannya itu menjadi air seni (urine) yang tugasnya membuang limbah dari dalam tubuh. Tak ada tawar menawar, pastikan kebutuhan air tercukup agar gangguan ginjal tak muncul. 

2. Konsumsi Makanan Sehat untuk Ginjal

Hasil riset menemukan kandungan senyawa bernama resveratrol  pada anggur, kacang, dan beberapa buah beri dapat mengurangi terjadinya radang ginjal dan infeksi saluran kemih. Asam sitrat pada lemon, jeruk dan melon juga bagus untuk menghambat terbentuknya batu ginjal. 

Mulai sekarang, penuhi kulkas dengan camilan anggur merah, diselang-seling dengan kranberi. Rumput laut juga bagus untuk memperbaiki kondisi ginjal dan hati yang rusak pada penderita diabetes. Tidak seperti anggapan selama ini, kalau ternyata kalsium (susu kedelai, tahu, dan sereal) justru bantu mengikat oksalat penyebab bantu ginjal terbuang dari tubuh. u ginjal.

3. Minumlah Teh Pembersih Ginjal

Apa ada ya teh yang berjasa dalam membersihkan ginjal? Ya, ada, yaitu teh jelatang yang beraroma menyengat itu. Herbal ini bagus untuk mengurangi peradangan pada ginjal. 

Bunga Hortensia yang cantik, berwarna ungu, pink, biru dan putih itu juga dapat melindungi ginjal dari kerusakan. Kemudian daun sembung (Blumea balsamifera) bisa mengecilkan ukuran kristal batu ginjal. 

4. Minum Suplemen yang Bagus untuk Ginjal

Vitamin B-6, Omega-3 dan Kalium Sitrat bagus sekali untuk metabolisme yang akan menyehatkan ginjal untuk membebaskan diri dari batu ginjal. 

Nah, Anda yang sekarang tidak punya masalah pada ginjal, tetap harus merawat ginjal Anda. Tapi, tidak usah terlalu khawatir, cukup jaga kebersihan ginjal dengan minum air yang cukup setiap hari seperti diurai di atas. Konsumsi makanan yang baik untuk ginjal, termasuk minum teh dan suplemennya. (*) mae/roh, FOTO: BZ & IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X