Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Habbatussauda, si Jintan Hitam yang Kaya Manfaat Buat Kesehatan

Kesehatan
07 Jul 2020
Habbatussauda, si Jintan Hitam yang Kaya Manfaat Buat Kesehatan

hariansuara.com, Jakarta - Masyarakat mungkin sudah mengenal obat herbal bernama habbatussauda. Obat dari tananaman jintan hitam ini punya banyak manfaat untuk kesehatan yang mengkonsumsinya.

Dikutip hariansuara dari hellosehat, Selasa, 7 Juli 2020, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa. Tanaman ini berasal dari Asia Selatan seperti India.

Nah, di India, jintan hitam biasanya kerap dipakai untuk bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan. Seringkali resep masakan India dan Timur Tengah menggunakan jintan hitam. 

Untuk rasa, jintan hitam punya rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam.

Manjurnya habbatussauda buat kesehatan sudah diteliti oleh ilmuwan muslim asal Persia, Ibnu Sina. Dalam jurnal medisnya, Canon of Medicine, Ibnu Sina menyampaikan biji jintan hitam bermanfaat untuk beberapa penyakit mulai sesak napas sampai penguat imun tubuh.

Pun, kemanjuran lain biji jintan hitam untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat. Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengobati mata merah (konjungtivitis), wasir, luka bernanah (abses), rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan.

Berikut ulasan manfaat lain soal manfaat habbatussauda

1. Meningkatkan kualitas sperma

Ulasan bagian ini penting bagi pria perokok aktif. Cobalah konsumsi habbatusauda. Perokok biasanya punya kandungan nikotin dan racun lainnya dalam rokok telah lama diketahui mengurangi kelincahan sperma untuk berenang (motilitas). 

Sebuah penelitian asal University of Malaysia tahun 2014 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa minyak habbatussauda meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

2. Atasi gejala diabetes tipe 1

Habbatussauda mengandung senyawa aktif Thymoquinone (TQ). Sebuah penelitian dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia terhadap seeekor tikus lab pada 2014 menemukan injeksi TQ dalam dosis tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya.

Satu studi lainnya dari Zagazig University di Mesir melaporkan ekstrak habbatussauda dicampur dengan rempah herbal khas Timur Tengah lainnya yaitu Myrrh, Gum olybanum, dan Gum asafoetida efektif menurunkan kadar gula darah pada tikus lab karena adanya efek penghambatan metabolisme glukosa di hati. 

Maka itu, peneliti percaya bahwa ekstrak herbal ini mungkin dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes yang tidak bergantung pada obat insulin.

3. Turunkan tekanan darah

Penelitian Shahrekord University of Medical Sciences di Iran melaporkan konsumsi habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan. Ditambah lagi, tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh habbatussauda terhadap kesehatan partisipan penelitian tersebut.

Temuan ini diperoleh setelah melakukan uji coba pada tiga kelompok terpisah yang kesemua anggotanya memiliki hipertensi ringan — dua kelompok pertama diberikan pil ekstrak habbatus sauda dosis 100 mg dan 200 mg, sementara kelompok ketiga diperi plasebo (pil kosong) yang diminum rutin dua kali sehari.(*) mel/roh 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X