Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Deretan Manfaat Konsumsi Pisang buat Ibu Hamil

Kesehatan
24 Jul 2020
Deretan Manfaat Konsumsi Pisang buat Ibu Hamil

hariansuara.com, Jakarta - Perempuan yang sedang hamil bisa mengonsumsi pisang untuk kesehatannya sendiri dan si calon bayi. Bahkan pisang ternyata buah yang sangat aman dan penting dikonsumsi selama masa kehamilan.

Dikutip hariansuara dari healthline, Jumat, 24 Juli 2020, manfaat pisang untuk perempuan hamil selain mengandung vitamin C dan B6 yang tinggi, juga kaya akan zat elektrolit potasium.

Rasa manis dan empuk buah pisang mengandung mineral serta kalsium, dan berserat maupun berkarbohidrat tinggi. Pun, disarankan kepada ibu hamil untuk mengonsumsi pisang setiap pagi dan malam hari.

Berikut catatan manfaat pisang untuk ibu hamil dengan merujuk sejumlah penelitian:

1. Bantu atasi mual dan muntah.

Dengan kandungan vitamin B6, pisang diketahui bisa mengatasi mual. Nah, bagi perempuan hamil sudah awam seringkali muntah pada trimester pertama kehamilan. 

2. Bisa bantu atasi risiko edema atau pembengkakan

Kondisi ibu hamil bisanya sering mengalami mengalami edema atau pembengkakan jaringan. KOndisi ini disebabkan kandungan cairan yang bertambah di trimester kedua dan ketiga.

Dengan kondisi edema, bisa menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan sendi. Jika ibu hamil mengalami kaki atau sendinya membengkak, minimalkan konsumsi asupan asin dan selipkan pisang sebagai menu makanan.

3. Menambah energi

Dengan tinggi karbohidrat, pisang juga bagus ebagai buah untuk metabolisme tubuh. Pisang juga mengandung glukosa, fruktosa. 

Karena kandungan itu, pisang bisa digunakan untuk menambah energi secara instan. Hal ini penting karena pada trimester terakhir kehamilan, ibu hamil mudah lelah. Nah, konsumsi pisang bisa jadi solusi dongkrak energi. 

4. Bantu pertumbuhan sistem saraf pusat bayi

Sebagai buah yang kaya vitamin B6 dan bisa larut dalam air, pisang ternyata baik untuk perkembangan sistem saraf pusat bayi. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B6, ibu hamil disarankan makan pisang secara rutin pada trimester pertama kehamilan. 

5. Baik untuk atasi sembelit

Masakah sembelit biasanya terjadi selama kehamilan. Pisang juga bermanfaat untuk ibu hamil yang dapat mengatasi sembelit. 

Salah satu faktor karena pisang banyak mengandung serat makanan. Manfaat itu bisa bantu merangsang pergerakan usus dan mengurangi rasa kembung.(*) nis/stm

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X