Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Rajin Konsumsi Buah Bit, Ini Dereten Khasiatnya

Kesehatan
31 Jul 2020
Rajin Konsumsi Buah Bit, Ini Dereten Khasiatnya

hariansuara.com, Jakarta - Buah ini berwarna merah pekat. Dengan kandungan nutrisinya, buat bit disebut berkhasiat untuk anemia dan kurang darah.

Dikutip hariansuara dari Medical News Today, Jumat, 31 Juli 2020, bit merupakan akar-akaran yang biasanya dipakai sebagai bahan makanan. Buah ini punya kandungan vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat untuk tubuh. 

Bit juga memiliki asupan rendah kalori dengan zat gizi utama karbohidrat dan protein. Ibaratnya dalam konsumsi ini, satu cangkir bit memiliki kalori sebesar 58,5 kkal. Pun, komposisi karbohidratnya sebanyak 13 gram dan proteinnya sebesar 2,19 gram. 

Nah, bit juga punya kandungan vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan tubub per hari sebanyak 7,4 persen. Lalu, ada juga vitamin A harian sebanyak 0,3 persen. Tak hanya itu, bit juga ternyata mengandung magnesium, kalsium, selenium, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Dalam sebuah studi melaporkan buah bit bisa menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg dalam hitungan jam. Dengan makan buah bit maka bisa lebih terasa. Buah ini bisa dikonsumsi secara mentah dan masak. 

Bagi penderita hipertensi atau perempuan hamil direkomendasikan konsumsi buah berkhasiat ini. Rasa di lidah memang kurang mengenakan. Namun, ada baiknya dicoba dengan dipadukan atau juice bersama buah lain.

Berikut manfaat buat bit:

1. Bisa menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan nitrat yang tinggi, bit bisa menurunkan tekanan darah. Sebab, dalam prosesnya nitrat diubah jadi nitrat oksida yang bermanfaat melebarkan pembuluh darah. Pun, manfaat ini membuat tekanan darah bisa turun. Namun, perlu dicatat efek makan buah bit cuma menurunkan tekanan darah bersifat sementara, selama enam jam setelah makan. 

2. Cegah penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke

Untuk khasiat ini perlu dianjurkan bagi penderita hipertensi agar menkonsumsi bit. Dengan konsumsi bit maka tekanan darah bisa stabil. Hipertensi punya benang merah dengan penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke. Disarankan konsumsi secara teratur buah bit agar tekanan darah bisa tetap stabil. 

3. Berpotensi mengurangi peradangan

Manfaat lain buat bit bisa meredam peradangan kronis. Jangan sampai tubuh kita terkena penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, hati, dan kanker. Terkait itu, buah bit memiliki pigmen bernama betalain. Manfaat zat sebagai antiperadangan. 

4. Melancarkan pencernaan

Untuk fungsi ini, daging buah bit di dalamnya memiliki serat. Unsur ini sebagai salah satu komponen penting membantu melancarkan pencernaan. Buat bit termasuk jenis asupan yang kaya serat.

Perlu diketahui, setidaknya dalam satu cangkir minuman buah bit itu bisa mengandung 3 gram serat. Manfaat serat itu bisa beri makan bakteri baik di usus, sekaligus bisa bantu mencegah sembelit dan radang usus. (*) nis/roh

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X