Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Diabetes Picu Penyakit Kronis Lain, Penting Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kesehatan
14 Sep 2020
Diabetes Picu Penyakit Kronis Lain, Penting Terapkan Gaya Hidup Sehat

hariannsuara.com, Jakarta - Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes mesti mengubah gaya hidup. Terapkan gaya hidup sehat mulai dari makanan dan rutin berolahraga.

Dikutip hariansuara dari laman healthline, Senin, 14 September 2020, masih banyak yang meremehkan diabetes. Padahal, diabetes bisa menjadi awal penyakit kronis lain seperti ginjal. Terlebih saat ini tatkala pandemi Covid-19 belum lagi sirna. 

dr. Shang Yeap dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura menyampaikan jika sudah mengetahui memiiki riwayat diabetes maka jangan disepelakan. Ubah pola makan secara positif.

Dia mengatakan pentingnya penderita diabetes untuk menghindari makanan yang mengandung kolestrol, lemak, dan kadar gula yang tinggi.

Shang mengingatkan bahaya diabetes karena bisa menjalar ke jantung, mata, hingga saraf.

"Jadi, bukan hanya ginjal. Diabetes ini bisa menjalar ke semua organ. Maka harus diwaspadai," ujar Shang.

Sekadar contoh, ia banyak menemukan kasus pasien penderita ginjal tahap akhir karena dipicu diabetes. Jika sudah ada diabetes maka hindari dan cegah hipertensi.

"Diabetes itu karena glukosa yang berkumpul di dalam darah, tapi tidak diserap sel tubuh secara baik. Ini yang sebabkan gangguan organ tubuh," jelas Shang.

Kata dia, penting pengetahuan soal diabetes diketahui dengan baik, agar pasien cuci darah akibat ginjal terkena dampak dari diabetes dapat dihindari.

Menurutnya, cukup sederhana cara pencegahan diabetes mellitus. Selain pola makan yang sehat, secara rutin harus bisa menjaga tekanan darah dan kadar gula darah dalam batas normal. 

Kemudian, saran lain yaitu istirahat yang cukup dan kurangi konsumsi zat yang tak baik seperti merokok dan minuman beralkohol. (*) nis/stm      FOTO: World Diabetes Day @WDD

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X