Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Long Weekend, Catat Nih Aktivitas yang Tak Berisiko Ketularan Covid-19

Kesehatan
26 Oct 2020
Long Weekend, Catat Nih Aktivitas yang Tak Berisiko Ketularan Covid-19

hariansuara.com, Jakarta - Dalam hitungan dua hari lagi, masyarakat di tanah air akan memasuki libur panjang atau long weekend akhir Oktober 2020. Long weekend di tengah pandemi ini disorot pemerintah karena dikhawatirkan akan jadi klaster penularan virus berbahaya tersebut.

Sebelumnya, pemerintah meminta agar masyarakat tetap mengurangi aktivitasnya dan tak bepergian saat long weekend mulai 28 Oktober sampai 1 November 2020. 

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penangan Covid-19 Dewi Nur Aisyah, menyampaikan setidaknya ada beberapa aktivitas long weekend yang memiliki risiko rendah dari penularan Covid-19. Salah satunya dengan melakukan kirim makanan atau bertukar hadiah dengan keluarga selama liburan.

Dia menekankan pentingnya hal ini terutama bagi yang lanjut usia atau punya penyakit bawaan. Kalangan usia ini rentan tertular Covid-19.

"Bagi mereka yang punya risiko tinggi yang usianya sudah lanjut atau punya penyakit penyerta dari mulai hipertensi diabetes penyakit jantung sebaiknya kurangi aktivitas saat long weekend," kata Dewi dalam akun Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang dikutip hariansuara, Senin 26 Oktober 2020

Pun, ia menyebut sebenarnya untuk komunikasi bisa dilakukan secara virtual. Cara ini masih efisien dan bisa menjaga jarak sosial, tanpa perlu ada kerumunan.

"Silaturahmi bisa lanjut dan kesehatan juga bisa terjaga," ujar Dewi. 

Lanjutnya,, kata dia, cara ketiga yaitu bisa memilih aktivitas di rumah bersama keluarga dalam satu rumah. Aktivitas dilakukan secara positif di rumah dengan misalnya bermain game hingga memasak.

"Bisa juga makan bareng usai masak bersama," tuturnya.

Ia menambahkan cara lain yaitu masyarakat juga tak perlu berbelanja di tempat kerumunan. Sebab, ada cara lain yaitu belanja via online.

"Daripada langsung ke tempatnya, kita bisa menggunakan online kemudian bisa juga kita nonton, nonton TV di rumah bareng-bareng sama keluarga ya atau olahraga bareng," ujarnya. (*) stm/umi        FOTO: Ilustrasi warga tak pakai masker/ANTARA

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X