Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Demi Akses Vaksin yang Merata, RI Pilih Gabung dengan CEPI

Kesehatan
24 Nov 2020
Demi Akses Vaksin yang Merata, RI Pilih Gabung dengan CEPI

hariansuara.com, Jakarta - Persoalan vaksin Corona Covid-19 jadi masalah yang dikhawatirkan setiap negara yang terdampak. Salah satunya negara yang belum mampu memproduksi secara mandiri vaksin seperti Indonesia.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Indonesia secara resmi bergabung dengan Coalition of Epidemic Preparedness (CEPI). Tujuannya agar bisa membantu mendukung akses vaksin Covid-19 yang adil dan merata lewat penandatanganan kesepakatan kontribusi bilateral. 

Penandatangan kesepakatan itu digelar secara daring pada Selasa, 24 November 2020. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan pandemi masih terus berlanjut.

Menurut dia, kasus global bahkan terus melonjak dalam dua pekan terakhir dengan penambahan di sejumlah negara Eropa. Maka itu, ia menekankan perlunya kesolidan untuk menghadapi persoalan ini.

Kata Retno, RI harus berkontribusi sesuai kemampuan dan kapasitas demi rakyat di Tanah Air.

"Kolaborasi kami dengan CEPI penting karena memungkinkan Indonesia memberikan kontribusi konkret vaksin untuk semua," kata Retno, dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, CEPI juga menunjuk Bio Farma sebagai salah satu produsen obat potensial untuk produksi vaksin Covid-19. Dengan penunjukan Bio Farma memperlihatkan industri farmasi Indonesia memiliki potensi besar.

"Kolaborasi kita dengan CEPI akan memperkuat ketahanan kesehatan nasional kita. Ini adalah tujuan strategis jangka panjang," jelas eks Dubes RI untuk Belanda tersebut.

Dia menambahkan dengan kerja sama ini juga bisa mendukung pengembangan vaksin di negara berkembang. Selain itu, kerja sama ini juga mempermudah Indonesia meningkatkan kapasitas produksi penelitian dan vaksin. (*) ras/zai     FOTO: Uji klinis/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X