Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Sulit Tidur? 8 Cara ini Semoga Bantu Anda Tertidur Pulas 

Kesehatan
03 Jan 2022
Sulit Tidur? 8 Cara ini Semoga Bantu Anda Tertidur Pulas 

hariansuara.com, Jakarta - Anda kesulitan tidur? Sudah pukul 2 dini hari, sudah  mengantuk, tapi mata sulit terpejam. Tahu-tahu matahari sudah menyembul di ufuk Timur. Ini 8 hal biasakan dilakukan agar Anda bisa terlelap pada malam hari. Tidur malam itu ‘vitamin’ untuk sehat lahir dan batin lo!

Mandi Air Hangat

Selesai aktivitas seharian, tubuh pasti berpeluh. Hanya, seiring tergelincirnya matahari, suhu tubuh biasanya ikut turun. Para ahli menyarakankan agar 1-2 jam menjelang tidur, mandi air hangat. Ini membuat tubuh relaks, sehingga Anda bisa tertidur nyenyak. 

Setel Mode Tidur

Mode tidur ini mesti rutin disetel sebagai ‘ritual’ agar Anda bisa terlelap. Caranya, lakukan kebiasaan sebelum tidur, seperti menyikat gigi, mencuci muka dan kaki, ganti baju tidur, menyisir rambut atau memakai krem malam. Nah, begitu waktu tidur datang, lakukan semua itu. Secara psikologis, tubuh akan mengenali mode tidur tersebut, dan bersiap-siap mengantar Anda ke peraduan. 

Pasang Lampu Temaram 

Malam hari, tubuh melepas kimiawi melatonin, yaitu hormon yang dilepas saat suasana sekitar gelap. Katakan, Anda biasa tidur pukul 9 atau 10 malam, ganti lampu terang dengan pencahayaan yang temaram. Suasana remang ini akan membantu tubuh melepas hormon melatonin yang akan membuat Anda mengantuk, tanda akan tidur. 

Ngopi Sore atau Malam Hari? No Way! 

Ini dia, ngopi pada sore atau malam hari, apa lagi menyeruput double espresso, jangan pernah dilakukan. Terlebih Anda sudah punya gangguan tidur semacam insomnia. Minuman yang mengandung kafein atau nikotin pada rokok bukannya membuat Anda relaks, tapi justru membikin mata Anda terbelalak. Otak aktif terus, dan ujung-ujungnya Anda terus ‘begadang’. 

Matikan Handphone, TV Sampai Radio 

Ada sementara orang merasa terbantu dengan mendengarkan lagu klasik, blues atau instrumentalia. Namun, pada kebanyakan orang, kata para ahli gangguan tidur, justru efeknya kebalikannya. 

Meng-on-kan handphone, misalnya. Alih-alih maunya nyantai dulu baca pesan WhatsApp, buka email, lihat postingan di instagram atau nonton youtube, tapi otak yang mestinya rehat malah terjaga. Lampu handphone yang terang bisa membuat hormon melatonin mogok produksi. Disarankan, untuk relaksasi memancing kantuk, membaca buku. Duduk di kursi malas lo ya, jangan di atas kasur. Baru setelah mengantuk, melompat deh ke tempat tidur. 

Jangan Makan Kekenyangan

Perut kekenyangan pada intinya membuat metabolisme bekerja ekstra keras. Bila ini terjadi pada malam hari, tubuh jadi sulit relaks. Padahal untuk bisa tidur, fisik dan psikis mesti tenang. 

Untuk makan malam sebaiknya konsumsi panganan yang ringan. Sangat direkomendasikan melahap salad, buah segar atau sayur mayur tanpa karbohidrat. Protein dari sepotong ikan salmon atau sebutir telur juga boleh. Minum segelas susu putih hangat juga OK.

Sedikit Minum Menjelang Tidur

Ada pendapat, minum segelas air putih sebelum tidur agar tubuh tidak dehidrasi. Saran yang baik. Tetapi apa yang terjadi? Cairan yang masuk justru membuat Anda sulit tidur nyenyak. Anda sudah mengantuk tapi terpaksa bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Para ahli menyarankan jalan tengah, yakni minum satu-dua teguk saja menjelang tidur. 

Kaus Kaki Si Penyelamat Tidur 

Kok bisa? Anda mungkin tak percaya. Tapi belajar dari pengalaman Santi, mahasiswi kedokteran di Bali, boleh Anda tiru. Udara dingin di kamar tidur ber-AC kerap membuatnya jadi sulit tidur. Kaki dan ujung jemari kakinya terasa kedinginan. Selimut tak cukup membantu keluar dari masalah ini. Baru setelah ia memakai kaus kaki, telapak kaki yang merupakan pusat saraf akhirnya membuatnya nyaman dan bisa tertidur lelap. (*) Melia Hapsarani/MTS          Foto: By pikisuperstar/Freepik

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X