Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Pasca PPKM Dicabut, Jangan Nekat ya, Tetap Kenakan Masker!

Kesehatan
06 Jan 2023
Pasca PPKM Dicabut, Jangan Nekat ya, Tetap Kenakan Masker!

hariansuara.com - Sejak akhir 2022, tepatnya 30 Desember 2022, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut Pemerintah Indonesia, seperti tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. 

Bila melihat ke sekeliling sesudah pencabutan PPKM, tak seperti di masa pandemi, orang terlihat sudah ada yang melepas masker. Tapi, ada juga yang tetap mengenakannya. 

Masuk ke mal juga ada ketentuan yang berbeda-beda. Ada mal yang memberlakukan ketentuan pendatang cukup cek suhu, atau ada juga meminta pengunjung mengenakan masker. Sebenarnya, seperti apa sih menyikapi penghapusan PPKM ini? 

Tetap Waspada, dan Disiplin Prokes

Dicabutnya PPKM bukan berarti hilang status kedaruratan COVID-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tetap menganjurkan masyarakat menjaga diri dari COVID-19. 

Caranya, tetap ketat menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan kesadaran sendiri. Tidak harus dikondisikan. Pasalnya, COVID-19 masih ada. Penyakit ini belum berakhir.

Pun, risiko lonjakan varian COVID-19 yang baru, yakni Omicron subvarian BF.7 di China sana masih terus membayangi. Di sana, tak kurang dari 250 juta warganya yang terjangkiti.

Untuk itu, masyarakat di Tanah Air diimbau untuk bijaksana dan dewasa dalam menyikapi masa transisi dari pandemi menuju endemi. Lindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan mematuhi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Irmendagri) No 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian CORONA Virus Disease 2019, yakni mematuhi aturan prokes:

1. Mengenakan masker, terutama ketika berada di keramaian atau kerumunan, di ruang tertutup dan sempit, atau naik kendaraan umum. Selain itu sebisanya hindari kontak fisik, terutama ketika berinteraksi dengan orang yang flu, bersin dan batuk.

2. Setelah beraktivitas, selalu cuci tangan dengan sabun. Jangan pegang mata atau hidung saat tangan kotor. Setidaknya, gunakan hand sanitizer. 

3. Aplikasi PeduliLindungi masih tetap berlaku ketika memasuki dan menggunakan fasilitas publik, termasuk saat naik transportasi umum di dalam dan luar negeri. 

4. Ketika badan mulai terasa bergejala, seperti sumeng atau meriang, segera lakukan tes, terutama setelah berkontak dengan pasien COVID-19. Ke dokter dan minumlah obat. 

5. Lengkapi vaksinasi hingga booster

Intinya, terpanggil untuk tetap disiplin menerapkan prokes. Kenakan masker di setiap berkegiatan, sebab masker terbukti sangat efektif melindungi dari penularan COVID-19, dan juga penyakit paru lainnya, seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) hingga TBC (Tuberkulosis). 

Informasi terkini dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia termasuk negara yang mendapat peringatan untuk tetap waspada. Jadi, jangan nekat ya! Tetap disiplin terapkan prokes. Dan, pastikan masker terpasang dengan baik dan benar menyertai Anda berkegiatan. (*) Fudholi/MTS            Foto: Dok Jenny Sopacua

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X