Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

7 Program Unggulan Pembangunan H Hendy Siswanto untuk Jember yang Lebih Baik

Nasional
15 Feb 2020
7 Program Unggulan Pembangunan H Hendy Siswanto untuk Jember yang Lebih Baik

hariansuara.com, Jember - Bakal Calon Bupati Jember H Hendy Siswanto, putra asli Jember, sangat mencintai tanah kelahirannya. Baginya, Jember harus menjadi 'rumah tinggal' yang menyenangkan bagi seluruh masyarakat yang bak keluarga besarnya sendiri.

Namun, fakta yang ada di depan mata, masih banyak yang hidup di  bawah garis kemiskinan. Padahal Jember begitu kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang potensial. Ada yang salah di sini.  Untuk itulah, H Hendy Siswanto bertekad mewakafkan dirinya, mengabdi kepada masyarakat Jember untuk mewujudkan Kabupaten Jember menjadi lebih baik. Tidak mudah. Namun H Hendy meyakini, bahwa bersinergi dan berkolaborasi dengan semua kalangan, maka Jember yang dicita-citakan oleh semua warga akan cepat terwujud.

Ada 7 program pembangunan untuk Jember yang lebih baik dari Bakal Calon Bupati Jember H Hendy Siswanto sebagai berikut: 

1. Beasiswa Untuk 7.000 Mahasiswa Per Tahun, dan Jaminan Kerja Bagi Lulusan Terbaik

Kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang berpendidikan dan berkarakter baik adalah penting untuk membangun Kabupaten Jember. Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto mencermati bahwa pemerintah daerah wajib menyiapkan kader-kader pembangunan yang berkualitas di Jember dengan memberikan beasiswa bagi 7.000 mahasiswa berpotensi per tahun. 

Pemerintah daerah harus hadir membantu para mahasiswa melalui pemberian beasiswa secara teratur, konsisten dan tepat waktu. Jangan karena kesulitan biaya, lalu SDM yang sejatinya berkualitas harus melepaskan cita-cita. InsyaAllah, dengan memperoleh beasiswa ini, mahasiswa dapat lebih fokus dalam menuntut ilmu, melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan hingga pada waktunya, mereka dapat membangun bagi kemajuan Jember. 

Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto pun menilai Jember memiliki sumber daya manusia (SDM) yang potensial. Lulusan perguruan tingginya tak kalah dari universitas di daerah lainnya di Indonesia. SDM yang berkualitas ini adalah asset bagi Jember untuk tumbuh berkembang dan semakin maju. Untuk itulah mereka harus beroleh peluang untuk berkontribusi dalam pembangunan Jember. Pemerintah daerah, hemat H Hendy Siswanto, sepatutnya menyiapkan lapangan kerja bagi mereka, terutama bagi para lulusan terbaik. Mereka juga dapat diperkenalkan dan digairahkan semangatnya untuk berwiraswasta. 

Baca juga: Begini Pandangan Hendy Siswanto Soal Pendidikan, Kuota CPNS dan Pelayanan Publik di Jember

2. 1.000 Rumah Murah

Ketersediaan papan, yaitu rumah, adalah kebutuhan utama manusia untuk dapat hidup layak, di samping terpenuhinya kebutuhan akan sandang dan pangan. Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto mematok akan membangun 1.000 rumah murah bagi masyarakat Jember yang membutuhkan hunian.

H Hendy Siswanto yakin sekali, dengan memiliki tempat tinggal, maka akan mewujud cikal bakal keluarga bahagia yang melahirkan anak-anak generasi penerus Jember yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia. Diharapkan kebaikan ini akan menumbuhkan ketahanan yang kuat di kalangan masyarakat dan kelak membangun masa depan Jember yang semakin baik lagi. 

3. Insentif guru ngaji + Jaminan kesehatan

Jember adalah Kabupaten di Jawa Timur dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto sangat konsen terhadap pentingnya eksistensi guru ngaji dalam membangun karakter moral anak didiknya. Dengan menanamkan ilmu agama ini, anak-anak Jember akan tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Hatinya hidup, dapat menilai yang baik dan buruk, peka serta peduli kepada kesulitan sesama. 

Baca juga: Sektor Ekonomi Jember di Mata Bakal Calon Bupati Hendy Siswanto

Untuk itulah, bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto memperhatikan insentif bagi guru ngaji harus diberikan secara konsisten, tepat waktu dan sesuai haknya. Tak hanya itu, guru ngaji juga patut mendapatkan jaminan kesehatan agar mereka dapat mengajar secara optimal. Untuk mampu menjalankan perannya mengajar ngaji, guru ngaji harus sehat. Tatkala kesehatannya terganggu, guru ngaji dapat langsung berobat agar segera sehat dan dapat kembali mengajar ngaji.

4. Membangun Jalan Baru dan Jembatan untuk Wilayah Pedesaan dan Akses Destinasi Wisata

Di daerah pedesaan, bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto menemui masih adanya area-area yang belum terjamah oleh jalan penghubung antarkampung dan antardusun. Untuk ke Kota Jember, warga harus menempuh berkilometer jauhnya, bahkan mesti melintasi perkebunan terjal dan berbatu, serta jembatan darurat dari kayu dan bambu yang membahayakan keselamatan jiwa. 

Melihat hal itu, H Hendy Siswanto mencantumkan program pembangunan jalan-jalan baru dan jembatan di wilayah pedesaan sehingga terbuka akses bagi masyarakat dalam beraktivitas. Saat akses jalan terbuka, maka roda segala kegiatan akan lancar, dari sektor ekonomi sampai bersilaturahmi. 

Satu hal penting dalam pantauan bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto terhadap penyebab mandegnya sektor pariwisata di Jember. Tak lain adalah masih tidak adanya akses yang menuju ke titik-titik destinasi wisata. Pemerintah daerah wajib membangun jalan membuka akses ke destinasi wisata agar pihak investor dari luar dengan senang hati menanamkan modalnya dan mengelola destinasi wisata potensial yang ada di Jember. Bila ini terjadi, maka perekonomian Jember akan bergerak dan masyarakat pun menikmati kesejahteraan.

5. Menjadikan Jember Pusat Komoditas Kopi Dan Tembakau di Tingkat Nasional dan Internasional 

Kabupaten Jember memiliki lahan pertanian yang luas dan subur. Tiga komoditi unggulan Jember yang laik bersaing di dalam dan luar negeri, yaitu tembakau, padi, dan kopi. Namun sangat disayangkan, kekayaan panen alam yang berlimpah itu tidak serta merta dapat dinikmati oleh para petani itu sendiri. Dari tahun ke tahun, petani hidup susah dan dililit kebingungan. Waktu tanam menghadapi harga pupuk yang melangit, tetapi begitu panen, harga komoditas yang dipanennya, anjlok. 

Baca juga: Calon Bakal Bupati Jember Hendy Siswanto: Pesantren Punya Peran Penting Bagi Jember

Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto memikirkan serius nasib petani ini. Menurutnya, pemerintah daerah harus mendampingi para petani dalam mengurai permasalahan mereka dan mencarikan jalan keluarnya. Misalnya, dengan menghidupkan industri pengolahan pupuk, sehingga petani dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau. Pemerintah daerah juga harus menjaga harga saat musim panen tetap stabil agar petani hidup sejahtera. Bila sektor pertanian maju laiknya sebuah industri, petani makmur, maka segi-segi kehidupan lainnya akan ikut terangkat. Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto pun juga melihat dan berencana akan mengangkat kopi khas Jember ke level internasional. Itu sangat dimungkinkan, terlebih Kabupaten Jember memiliki Pusat Penelitian Kopi dan Kakao yang bisa membudidayakan benih kopi dan kakao. Pemerintah daerah harus bersinergi sebaik mungkin dengan Pusat Penelitian ini sehingga terbuka peluang menjadikan kopi dan kakao Jember komoditas ekspor ke dunia internasional. Peluang ada dan terbuka, yang terpenting lagi adalah mengeksekusinya dengan sebaik mungkin.

6. Memberikan insentif tambahan untuk tenaga pendidik dan guru tidak tetap

Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto miris melihat masih rendahnya gaji guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Jember. Pemerintah daerah wajib memperhatikan nasib mereka. Sementara untuk menghasilkan kualitas pendidikan yang baik sangat ditentukan oleh tenaga pendidik yang berkualitas. Bagaimana bisa mewujud jika gaji guru honorer atau guru GTT sebesar Rp200.000/ bulan? 

Bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto juga menilai sangat penting untuk membantu para guru GTT untuk mendapatkan surat penugasan sebagai syarat bisa mendapatkan honor. Sementara ini guru yang berhak mendapat honor pun, nominalnya belum layak.

7. Program 1 MCK untuk 1 Rumah

Di wilayah pedesaan di Kabupaten Jember, utamanya di pegunungan, kondisinya masih minim. Warga setempat masih menggantungkan hidup keseharian dari alam. Dari mandi, mencuci pakaian sampai buang air besar di aliran sungai, lantaran tidak punya fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumahnya. 

Kondisi yang miris ini menjadi perhatian penting bakal calon bupati Jember H Hendy Siswanto. Untuk meningkatkan kualitas hidup warga yang membutuhkan akan diberlakukan Program 1 MCK untuk 1 Rumah. Masing-masih keluarga di 1 rumah akan dibuatkan 1 MCK sehingga terbiasakan pola hidup sehat dan lingkungan sekitar yang bahagia.

#WESWAYAHEMBENAHIJEMBER (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X