Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Rosidah Dobson Manjakan Suami dan 3 Buah Hatinya dengan Menu Soto Blitar Kuah Santan

Kuliner
26 Jul 2020
Rosidah Dobson Manjakan Suami dan 3 Buah Hatinya dengan Menu Soto Blitar Kuah Santan

hariansuara.com, Hong Kong – Rosidah Dobson, perempuan asal Blitar, Jawa Timur ini biasa dikenal setelah menikah dengan Paul Dobson, pria asli Kanada. Puluhan tahun ia bermukim di Hong Kong, menikmati perannya sebagai istri dan ibu dari ketiga buah hatinya—Daniel Soekarno, Cassandra Kartini dan Carissa Sartika

Lama jauh dari Indonesia, si jago masak ini tak lantas lupa akan kuliner Tanah Air, bahkan ia tak segan mengenalkan menu-menu masakan Indonesia yang banyak jumlahnya serta kaya rasa. 

“Saya suka sekali memasak dan mengajari anak-anak serta suami saya panganan asli Indonesia. Syukurlah, mereka suka mencicipi menu-menu dari kekayaan dapur Indonesia,” ujar Rosidah kepada hariansuara. 

“Suami dan anak-anak kami punya menu favorit dari kampung halaman saya, Blitar, yaitu Soto Blitar dengan Kuah Santan,” tambah Rosidah, kemudian mempersilakan hariansuara untuk membagi resep dan cara membuatnya bagi  pembaca setia hariansuara. Anda ingin belajar memasak beraneka menu Indonesia maupun mancanegara, silakan klik youtube-nya Nikmatul Rosidah.

Anda juga bisa mengikuti kegiatan menarik tentang keluarga harmonis ini dan juga seluk-beluk tentang Hong Kong di Nikmatul Rosidah Dobson's Kitchen & Fun Family Activities. Ayo kita simak cara membuat Soto Blitar Kuah Santan favorit keluarga Dobsons:  

RESEP & CARA MEMBUAT SOTO BLITAR KUAH SANTAN

Siapkan Ayam Suwir: 

1. Didihkan 2 liter air, masukkan jahe seukuran ibu jari, dan rebus 1 ekor ayam hingga empuk.

2. Angkat ayam, tiriskan, lalu goreng. Sebelumnya taburi ayam dengan sedikit tepung untuk supaya ayam tidak meletup-letup saat digoreng. Suwir-suwir, sisihkan.

Siapkan sayuran

1 butir kol, 1 ons tauge, 3 helai daun bawang, 2 helai kucai dan 2 helai seledri. Iris semua bahan, campurkan jadi satu. Tambahkan taburan bawang goreng. Sisihkan. 

Buat keripik kentang: 

Siapkan 3 butir kentang, iris tipis memakai alat parut khusus, rendam dalam air garam sebentar, lalu goreng terendam dalam minyak panas. Kentang berwarna kuning keemasan, angkat, dan tiriskan.

Proses kuah soto: 

1. Goreng bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, yaitu 8 siung bawang merah dan 5 siung bawang putih, iris kasar. Kemudian 4 butir kemiri, 1 sdm ketumbar, 1 sdm merica, 1 jempol kunyit, 1 jempol langkuas, 1 buah kunci. Haluskan.

2. Kembali goreng bumbu, masukkan 3 batang serai, masak hingga wangi, lalu tuang ke panci kuah yang panas.

3. Tambahkan 2 sdm kaldu ayam bubuk, garam dan robekan 4 lembar daun jeruk. Cicipi.

Buat sambal kecap manis: 

Goreng 2 siung bawang merah,1 siung bawang putih, 4 buah cabai merah. Angkat, uleg kasar, lalu beri kecap manis. Sisihkan.

Cara Penyajian: 

Dalam mangkuk, tata berurutan, mulai dari nasi pada bagian bawah, lalu  sayuran, ayam suwir, keripik kentang, potongan tomat, dan kuah soto. Beri sambal kecap manis.

Selamat menikmati! (*) umi/mel, Foto-foto: Dok Nikmatul Rosidah

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X